- iklan atas berita -

METROTIMES.NEWS ( sorong ) Dewan adat moi bersama PT. Pelindo IV kota sorong papua barat melakukan prosesi adat( BEN VIE ) biasanya ben vie ini dilakukan sebanyak tiga kali. Selasa 5 desember bertempat di lokasi tembok berlin kota sorong acara prosesi adat yang di lakukan oleh Dewan adat sebagai kepala suku moi dengan PT. Pelindo IV kota sorong sebagai pelaksanaan pembangunan reklamasi laut kota sorong. Kegiatan prosesi adat oni seringkali dilakukan sebelum melakukan pekerjaan atau kegiatan pembangunan diatas tanah adat suku moi.

Willm bewela sebagai pemilik ulayat tanah adat dalam prosesi adat mengatakan sebanyak 5 H tanah kami berikan kepada pemerintah daerah kota sorong untuk melakukan pembangunan reklamasi laut tentunya semua bertujuan agar kedepan kota sorong dapat berkembang secara baik dan tidak kala bersaing dengan kota-kota yang ada di wilayah RI.

Prosesi adat di hadiri oleh pejabat serta instansi terkait yang ada di kota sorong dan juga masyarakat suku  moi hadir untuk menyaksikan prosesi adat yang sementara berjalan. Willm bewela mengharapkan lewat prosesi adat ini kami mengharapkan perhatian pemerintah kota agar dapat mengembalikan Jati diri kita sebagai anak moi untuk dapat dipekerjakan dan diperlakukan dengan baik serta menduduki jabatan-jabatan tertentu sesuai disiplin Ilmu yang ada.

Sipai. Abner Bisulu dewan adat suku moi pada kesempatan prosesi adat mengatakan apresiasi kepada pemerintah kota sorong, dan juga Bapak gubernur papua barat yang.mana sudah mau melihat situasi dan perkembangan kota sorong kedepan bisa lebih baik lagi. Dewan adat juga sangat mengharapkan agar pemerintah kota sorong dapat bekerja dengan sungguh – sungguh dan jujur guna untuk membangun kota sorong yang merupakan kota bersama serta merupakan pintu Gerbang menuju papua.

Jullian kely kambu M.Si hadir dalam prosesi adat mewakili walikota sorong dalam sambutanya mengatakan terima kasi kepada pemilik tanah adat yang sudah dapat memberikan tanahnya untuk pembangunan kota sorong ke depan, juga terima kasi yang sama, saya sampaikan kepada PT. Pelindo IV yang telah mendukung berjalannya.prosesi adat dengan baik.

ads

Pembangunan reklamasi pantai untuk membangun tol laut adalah juga Program Bapak Jokowidodo priseden republik indonesia dengan demikian selaku pemerintah maupun seluruh masyarakat marilah kita bergandengan tangan , berpatisipasi untuk membangun kota sorong kedepan lebih baik dari sekarang. Harapan kami semoga reklamasi pantai ini dapat berjalan dengan baik sesuai rencana yang sudah ditentukan. Ace

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!