Pembukaan Porsadin VII Tingkat Jateng yang diadakan di Pendapa Dipayuda, Kompleks Rumah Dinas Bupati Banjarnegara, Jumat (20/09/2024) malam.
- iklan atas berita -

BANJARNEGARA, metrotimes.news – pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) VII Tingkat Jateng yang diadakan di Pendapa Dipayuda, Kompleks Rumah Dinas Bupati Banjarnegara, Jumat malam, 20 September 2024 berlangsung meriah.

Diawali dengan tari Saman Aceh dan defile kontingen kafilah dari 35 kabupaten/kota se-Jateng.

Hadir Pj Bupati Banjarnegara Muhamad Masrofi SSos, MSi dan jajaran Forkompinda, Kepala Kemenag Kabupaten Banjarnegara Dr H karsono SPdI MM dan jajarannya Kasubbag Tata Usaha H Zahid Khasani SPdI, Kasi Pendidikan Madrasah Karyono MPdI, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H Moh Subhan SAg MPd, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah H Ali Mustofa SAg, dan Kasi Bimbingan Mayarakat Islam H Slamet Wahyudi SPd MPd dan Kasi Pendidikan Agama Islam Hj Yuni Nur Azizah SAg.

Dari pantauan metrotimes.news juga hadir sebagian besar kepala kantor Kemenag dari 35 kabupaten/kota atau yang mewakili, dan Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Jawa Tengah K Abdul Rohman.

H Zahid Khasani SPdI (Gus Zahid) ketua panitia Porsadin VII Tingkat Jateng di Banjarnegara menyatakan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para peserta guru madin, kepala madin, dan para santri peserta Porsadin.

ads

“Mohon maaf jika dalam menyambut para tamu peserta dan pembina Porsadin ada banyak hal yang kurang berkenan, karena tamunya banyak banget sehingga tidak bisa maksimal melayani semuanya. Sekali lagi saya selaku panitia mohon maaf sebesar-besarnya,” katanya.

Di akhir sambutan dia sambil melempar joke dengan berharap Banjarnegara menjadi juara umum Porsadin VII Tingkat Jateng.

Tentu saja hal ini membuat hadirin dan tamu undangan tertawa. “Ya namanya doa dan harapan kan yang baik-baik hehehe… Banjarnegara terkenal dengan dawet ayu (cakep), selamat datang para tamuku.”

Closing sambutan Gus Zahid hanya sebuah pantun singkat, tentu membuat gayeng suasana Pendapa Dipayuda Banjarnegara.

Pejabat yang mewakili Kakanwil Kemenag Jateng adalah Kabag TU Kanwil Kemenag Jateng, Dr H Wahid Arbani MSi.

Dalam sambutannya dia mendukung mengharapkan diniyah agar selalu meningkatkan prestasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga dengan Porsadin bisa diukur keberhasilan-keberhasilannya.

“Kantor Kementerian Agama mendukung setiap even-even yang bertujuan pengembangan minat bakat diniyah dan pondok pesantren,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Banjarnegara Muhamad Masrofi menuturkan, pemerintah selalu mendukung hal-hal yang bersifat peningkatan prestasi untuk generasi yang bisa diapresiasi untuk ke depannya.

“Ke depan even-even seperti agar tidak hanya kegiatan keagamaan, namun diniyah, bersifat olahraga juga bisa dilaksanakan di Banjarnegara,” katanya.

Penutupan PON XXI Aceh – Sumut

Ya, pembukaan Porsadin VII Tingkat Jateng bersamaan dengan penutupan PON XXI Aceh Sumut.

Porsadin merupakan kegiatan pertandingan dan perlombaan berbagai olahraga dan seni yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT).

Forum ini merupakan gabungan penyelenggara pendidikan keagamaan Islam atau Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Porsadin VII Banjarnegara dilaksanakan selama dua hari 20-21 September 2024 dengan mempertandingkan 18 cabang pertandingan dan perlombaan.

Menurut Ketua Panitia Gus Zahid (Kasubbag Tata Usaha Kantor Kemenag Banjarnegara, H Zahid Khasani SPdI),

Olahraga yang dipertandingkan antara lain:

Lari sprint 100 m
Bulutangkis Single
Bulutangkis Doble
Tenis meja Single
Tenis meja Doble
Catur Cepat

Bidang lomba Pengetahuan dan seni:

Tahfidz Juz Amma
MKQ Safinatunnaja
Cerdas Cermat Diniyah
Pidato Bahasa Indonesia
Pidato Bahasa Arab
MTQ
Murotal Wal Imla’
Kaligrafi
Puisi Islami

Bidang lomba khusus ada di Porsadin Jateng

Hafalan Nadhom ‘Aqidatul Awam
Hafalan Asmaul Husna
Pidato Bahasa Jawa
Dari pantauan, sebagian sudah mulai dipertandingkan pada Jumat 20 September 2024 sebelum pembukaan Porsadin VII Tingkat Jateng Banjarnegara.

Menurut Gus Zahid yang juga Sekretaris PW FKDT Jateng, konsumsi peserta sebanyak sekira 3.000 peserta. Jumlahnya sebanyak 4 kali atau 12 ribu porsi, ditanggung bersama oleh semua Madrasah Diniyah di Banjarnegara.

Gus Zahid mengungkapkan apresiasi dan kekaguman karena FKDT Banjarnegara mampu melaksanakan gelaran tingkat provinsi.

Dia menambahkan Porsadin VII Tingkat Jateng di Banjarnegara diikuti 35 kabupaten dan kota se-Jawa Tengah.

Bidang perlombaan selain digelar di sekolah MTsN di Banjarnegara juga di gedung olahraga Jaskon.

Acara pembukaan dibuka dengan Tari Saman yang dibawakan sebanyak 20 siswi dengan busana warna-warni. Mereka dengan kompak menarikan tarian khas Aceh lengkap dengan musik dan lagu Aceh.

Porsadin VII Tingkat Jateng akan ditutup Kakanwil Kemenag Jateng H Musta’in Ahmad di Gedung Aswaja NU Center PCNU Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu, 21 September 2024 malam. (af).

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!