- iklan atas berita -
 Metro Times (Demak) – Dalam rangka upaya mencegah polio pada anak, mahasiswa kelompok Brambang Guyub KKN MIT 17 Posko 5 UIN Walisongo Semarang turut serta dalam kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang diadakan oleh Puskesmas Karangawen I, Kabupaten Demak.
Kegiatan PIN Polio berlangsung di beberapa lokasi, seperti SD N Brambang, TK Nurul Hidayah, dan Posyandu Permata Bunda 4 yang berada di Desa Brambang.
Para mahasiswa kelompok Brambang Guyub turut serta membantu petugas posyandu pada Rabu (17/1/2024). Mereka membantu melakukan pendataan usia anak.
Koordinator Divisi Kesehatan dan Lingkungan, Siti Lathifatul Fajriyah, mengatakan ada 97 anak yang mengikuti imunisasi polio di SD N Brambang. Di TK Nurul Hidayah ada 28 anak dan di Posyandu Permata Bunda mencapai 175 anak yang telah divaksin polio.
Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi salah satu bentuk upaya untuk mencegah penyakit polio bagi anak.
“Sebagai bentuk pencegahan dan intervensi penyakit polio di anak. Karena di daerah Klaten itu kasusnya sudah ada. Ini jadi upaya kita membantu warga mencegah polio,” tuturnya.
Bidan Puskesmas Karangawen, Yuliana Naomi mengatakan, imunisasi polio ini diberikan kepada anak-anak yang berusia sebelum 7 tahun 11 bulan.
“Imunisasi ini diberikan kepada anak-anak sebanyak dua tetes saja,” ucapnya.
Ia berpesan agar setelah 30 menit diberikan vaksin polio, anak-anak tidak diperbolehkan terlalu banyak aktivitas dan makan sembarangan.
“Setelah 30 menit ditetesi, jangan lari-lari. Harus tenang, agar vaksin bekerja di dalam tubuh. Jangan jajan yang pedas, asam dan minum es,” pintanya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!