- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) BPBD Kabupaten Purworejo telah mengajukan penambahan jumlah tangki air bersih dalam menghadapai kemarau 2019. Demikian juga dengan Surat Keputusan (SK) Darurat Kekeringan telah siap diperpanjang.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Purworejo Sutrisno, saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin. Menurutnya penambahan itu dilakukan mengingat jumlah yang disediakan dinilai belum cukup karena ada kemungkinan kemarau tahun ini akan lebih panjang.

“Jumlah tangki air bersih berkapasitas 5.000 liter yang kita siapkan sesuai APBD murni sebanyak 374 tangki. Di perubahan kita ajukan lagi sehingga totalnya mencapai 1.728 tangki,” kata Sutrisno.

Penambahan ini akan disesuaikan dengan total pengiriman yang terjadi dalam kemarau 2018 dimana mencapai 1.143 tangki untuk melayani 58 desa. Adapun tahun ini jumlah desanya bertambah menjadi 60 desa yang tersebar di 11 kecamatan.

“Dasar penentuan jumlah tangki tahun ini sebenarnya disesuaikan dengan data tahun 2017 yang hanya mengeluarkan 300 tangki saja,” imbuh Sutrisno.

ads

Adapun air yang dipergunakan untuk didistribusikan ke desa yang membutuhkan pasokan air bersih berasal dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Perwitasari Purworejo. Meski demikian ada wilayah yang mendapat distribusi air menggunakan sumber non PDAM.

“Ada dua sumber lain yang dipakai yakni sumber di Medono Kecamatan Bener dan Gua Sumitro Kulonprogo untuk yang Kaligesing,” tambahnya.

Hanya saja untuk kedua sumber itu belum digunakan karena daerah langganan belum mengajukan permohonan pengiriman air. Sumber Medono sendiri untuk mensuplai air di Desa Medono, Jati, Cacaban Lor dan Desa Kamijoro di Kecamatan Bener. Sedangkan untuk Gua Sumitro biasanya untuk mensuplai air di Desa Donorejo dan Desa Tlogoguwo.

“Untuk Medono karena letak summber yang ada di bagian bawah, sementara yang kekeringan ada di wilayah yang lebih tinggi dan berjarak sekitar 3 kilometer. Kalau yang Gua Sumitro karena tangki pengangkut air tidak kuat melalui tanjakan yang ada,” tuturnya.

Kepala Markas PMI Purworejo Supangkat mengungkapkan pihaknya juga telah menyiapkan 52 tangki di tahap awal pengiriman air bersih. Jumlah itu dimungkinkan masih akan bertambah.

“Kami sudah menyiapkan dan menyesuaikan pengiriman dengan BPBD Purworejo,” kata Supangkat. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!