- iklan atas berita -

Metro Times (Purworrjo) Dua kepala desa (Kades) menyerahkan kelengkapan berkas pendaftaran Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Purworejo di Kantor DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Purworejo, Jumat (18/10). Mereka datang bersama diantar sejumlah Kades.

Kedua pendaftar tersebut merupakan Kades aktif, yakni Siti Maryam Kades Wonoroto Kecamatan Purworejo dan Gunawan Kades Sumberrejo Kecamatan Purwodadi. Kedatangan rombongan ini diterima oleh Ketua DPC PDIP Dion Agasi Setiabudi, Ketua Bappilu Albertus Sumbogo, serta jajaran struktural PDIP Purworejo.

Saat dikonfirmasi, Gunawan mengaku bahwa sebenarya dirinya sudah mengembalikan berkas. Namun, masih ada beberapa kekurangan sehingga pada hari penutupan pengembalian berkas, dirinya bersama Siti Maryam sepakat untuk bareng menyerahkan kekurangan tersebut.

Terkait motivasinya maju sebagai Bacawabup, Gunawan menyatakan ingin memberikan sedikit pendidikan politik bahwa untuk maju sebagai pemimpin tidak harus kaya terlebih dahulu.

“Selama ini yang mengajukan diri kenapa juga harus orang-orang itu saja. Padahal semua orang pasti mampu,” katanya.
Menurutnya, jabatannya sebagai kepala desa menjadi modal khusus. Gunawan menilai jika Kades seluruh Purworejo dapat mengeratkan diri dan mendukung satu calon, pasti akan berhasil.

ads

“Kepala desa itu sejatinya pemain politik paling riil. Dia punya massa,” sebutnya.
Siti Maryam memiliki cerita lain saat dalam pencalonan ini. Dia mengaku didorong oleh teman-temannya sebagai kepala desa di Purworejo. Pengambilan formulir pendaftaran pun dilakukan oleh teman-temannya.

Namun, amanat dari teman-temannya itu direspons dengan baik. Dia mengaku siap berjuang untuk menjalankan amanat yang sudah diberikan.

“Saya hanya di rumah dan disuruh berdoa saja,” kata Siti.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Dion Agasi Setiabudi menyebut saat ini total sudah ada 6 calon yang mendaftarkan diri di PDIP Purworejo. Tiga orang mendaftar Bacabup dan 3 lainnya mendaftar Bacawabup.

Tiga bacabup itu yakni Dwi Wahyu Atmaji MPA yang saat ini menjabat Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Reban Mintoharjo yang bertugas di Mabes Polri, serta Arif Rahman Purwoko yang merupakan tokoh masyarakat.

Sedangkan tiga orang yang mengambil berkas Bacawabup adalah Kusnomo, anggota Polri yang bertugas di Polres Purworejo, Gunawan Kades Sumberrejo, dan Siti Mariyam Kades Wonoroto.

“Semua sudah mengembalikan formulir pendaftaran. Hanya memang masih ada beberapa kekurangan kelengkapan dan hari ini ada dua Bacawabup yang menyerahkan kekurangan kelengkapan,” sebutnya.

Dion mengungkapkan, rencananya berkas pendaftaran yang sudah diverifikasi akan dikirim ke DPP PDIP melalui DPD PDIP Jateng pada Senin (21/10) mendatang. Namun, dengan dikirimnya berkas 6 pendaftar itu bukan berarti penjaringan di tingkat DPC berakhir.

“Jadi ini hari pendaftaran terakhir gelombang pertama, tapi belum final. Masih ada gelombang 1,2, dan berikutnya yang waktunya kita akan menunggu keputusan dari DPP. Bisa juga mendaftarkan diri melalui DPD maupun DPP,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dion menambahkan, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan semua Parpol di Kabupaten Purworejo. Namun, belum diputuskan apakah DPIP akan mengusung calon sendiri atau mengandeng koalisi.

“Kita belum memutuskan itu karena dinamika politik kan terus berjalan dan proses Pilkada juga masih panjang,” imbuhnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!