- iklan atas berita -

Metro Times (Kebumen) Belasan wartawan berbagai media dari Kabupaten Purworejo, Kebumen, dan Wonosobo yang menjadi mitra BPJS Kesehatan Kantor Cabang (KC) Kebumen difasilitasi mengikuti Media Workshop yang digelar secara serentak se-Indonesia oleh BPJS Kesehatan RI, Kamis – Jumat (22-23/10). Workshop berlangsung secara virtual dan dibagi dalam beberapa sesi. Di BPJS Kesehatan KC Kebumen, wartawan bergabung melalui aplikasi zoom bersama Kepala BPJS Kesehatan KC Kebumen, Wahyu Giyanto, serta Kabid SDM Umum dan Komunikasi Publik, Wilis Haryuni.

Berbagai materi disampaikan oleh narasumber dari BPJS Kesehatan RI serta  Kementerian dan lembaga-lembaga terkait di tingkat pusat. Mereka mengangkat dan menyoroti berbagai isu dalam tiga tema utama. Dua tema pada hari pertama yakni “Menjaga Keberlangsungan Program JKN-KIS” dan “Peran Jaminan Sosial Kesehatan di Era Pandemi Covid-19”. Sementara pada hari kedua, sejumlah pemateri yang ahli di bidangnya juga telah disiapkan dalam mengupas tema “Layanan Jaminan Kesehatan di Era Pandemi Covid-19”.

Acara yang dirangkaikan dengan Anugerah Lomba Jurnalistik BPJS Kesehatan 2020 dibuka oleh Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan melalui Kepala Humas BPJS Kesehatan, Muhammad Iqbal Anas Maruf

Dalam sambutannya, Iqbal menyebut peranan media massa semakin krusial dalam mewujudkan tatanan kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat Indonesia, utamanya di tengah pandemi Covid-19 yang telah memberikan beragam tantangan dan dampak bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk dapat melakukan adaptasi kebiasaan baru. Peran media massa makin diperlukan untuk mengantisipasi miss information atau berita-berita keliru  yang bergulir di tengah kondisi kebatinan yang belum stabil saat ini.

“BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program jaminan sosial bidang kesehatan dengan jumlah kepesertaan terbesar di dunia memiliki kepentingan untuk dapat menyampaikan informasi secara faktual kepada seluruh pelaku kepentingannya, terutama kepada peserta dan publik eksternal lainnya,” sebutnya.

ads

Menurutnya, salam menjalankan berbagai programnya, BPJS Kesehatan sangat erat dengan keterbukaan informasi publik. Media masa dan pers memegang peranan kunci sebagai pengubung komunikasi antara BPJS Kesehatan dengan masyarakat luas.

“Karena itu, guna mempererat hubungan dengan insan pers dengan media, BPJS Kesehatan memandang perlu mengadakan media workshop, pers conferce dan diskusi lainnya seperti ini,” ungkapnya.

Kepala BPJS Kesehatan KC Kebumen Wahyu Giyanto, menyatakan apresiasinya kepada media yang selama ini telah bermitra dan menyampaikan berbagai informasi/program kepada masyarakat, khususnya di wilayah kerjanya. Pihaknya berharap, pada masa pendemi ini sinergi yang terjalin tetap terjaga sehingga sosialisasi dan edukasi kepada publik tersampaikan dengan baik. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!