- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Duta besar Pakistan untuk Indonesia dan ASEAN, H.E Abdul Salik Khan yang didampingi oleh Deputy head of mission kedutaan Pakistan untuk Indonesia, Mr. Sajjad Haider Khan mengunjungi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada hari Rabu (20/02/2019). Kedatangan Duta Besar Pakistan tersebut disambut dengan antusias oleh Wakil Rektor IV ITS Prof, Dr. Ketut Buda Artana, ST., M.Sc, yang mewakili rektor ITS karena sedang berada di Australia. Beberapa Dekan dan staf International Office ITS juga turut hadir menyambut beliau. Kunjungan kerja yang berlangsung di Gedung Rektorat ITS itu berlangsung sangat akrab dan menjadi tahap inisiasi kerjasama antara kedua belah pihak.

Kunjungan ini berawal dari undangan sebagai keynote speaker pada Sri Fatmawati, Ph.D dan sebagai invited speaker kepada Adi Setyo Purnomo, Ph.D, pada tanggal 11-12 Februari 2019, di 1st International Conference on Drug Discovery against Cancer and other Diseases (DDCD), yang dilaksanakan di University of Swabi, Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan. Keduanya adalah dosen Jurusan Kimia Fakultas Sains ITS.

Selain itu, Sri Fatmawati, Ph.D yang akrab dipanggil Fatma ini juga mendapat kesempatan untuk berkunjung selama 3 hari, pada tanggal 13-15 Februari 2019 ke International Center for Chemical and Biological Sciences (ICCBS) – University of Karachi, sekaligus diundang untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa dan akademisi disana. Kuliah tersebut bertempat di L.E.J. National Science Information Centre dan disiarkan langsung melalui video conference ke seluruh Pakistan melalui Virtual Education Project Pakistan.

Sepulang dari Pakistan, keduanya berkesempatan bertemu dengan duta besar Pakistan H.E Abdul Salik Khan dan menyatakan kesan yang sangat baik kepada keduanya.

ads

“Pakistan memiliki research center kelas dunia dan juga peneliti kaliber dunia. Ini kesempatan yang positif, supaya kita terpacu dengan riset kita dan dapat berbuat lebih baik lagi untuk kemajuan bangsa“, tutur Ibu Fatma, yang saat ini juga sebagai The President of Organization for women in science for the developing world (OWSD) – Indonesia National Chapter.

H.E Abdul Salik Khan dengan senyumnya yang khas, menyampaikan bahwa beliau sangat berharap kunjungan ini menjadi pondasi yang kuat untuk kerjasama antara kedua belah pihak ke depannya. Pihak ITS juga berharap dengan adanya kerjasama ini, maka kedepannya mahasiswa ITS dapat melakukan penelitian, internship, student exchange serta hal lainnya dengan perguruan tinggi yang ada di Pakistan, demikian juga sebaliknya. Melalui kerjasama ini, diharapkan juga dapat menjadi wadah untuk membangun jaringan dan persahabatan dalam dunia internasional.(nald) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!