- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Kepala BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) memastikan vaksinasi Covid-19 aman bagi Ibu yang mengikuti program KB (Keluarga Berencana).

“Orang yang dipasang KB (jenis) IUD maupun susuk boleh vaksin,” katanya, saat melakukan kunjungan kerja pelayanan KB MKJP (Keluarga Berencana Alat Kontrasepsi Jangka Panjang), di Puskesmas Cangkrep Purworejo, Jumat (3/9/2021).

Dalam kunkernya ke Puskesmas Cangkrep, dr Hasto Wardoyo didampingi Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Sekda Purworejo Said Romadon dan Kabag Humas dan Protkol sekda Purworejo Rita Purnama.

dr Hasto Wardoyo, juga memastikan kenyamanan program KB dari pemerintah. Pasalnya program KB MKJP dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, situasi dan kondisi keluarga.

ads

“KB (baik IUD maupun implan) bisa dilepas setelah tiga tahun (sampai dengan delapan tahun),” jelasnya.

Ia mengatakan, dalam kunjungan kali ini pihaknya menyerap aspirasi dari masyarakat maupun penyelenggara program KB. Diantaranya, terkait dengan pemasangan KB pasca persalinan.

“(Ada aspirasi) supaya di Purworejo ini dilatih (untuk pemasangan KB pasca persalinan) dan akan kami upayakan. Namun bidan-bidan pada umumnya sudah bisa memasang KB,” tambahnya.

Mumbaingatun selaku Penyuluh UPT kecamatan purworejo, mengatakan kegiatan kali ini diharapkan dapat meningkatan capaian program KB nasional, khususnya di Purworejo.

“Pesertanya ada 44 orang se UPT Kecamatan Purworejo, namun memang kami batasi dengan pertimbangan masih dalam situasi PPKM,” katanya.

Sementara itu, Mujio selaku Kabag TU UPT Puskesmas Cangkrep menyatakan, pihaknya mendapat kepercayaan menerima kunjungan kerja Kepala BKKBN yang bersamaan dengan pelaksanaan program KB di Puskesmas Cangkrep. Menurutnya, program KB tetap jalan meski ditengah pandemi, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!