- iklan atas berita -

Metro Times (Temanggung) Pemerintah Republik Indonesia (RI) menganugerahi Kabupaten Temanggung Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2019 sebagai Terbaik Kedua Tingkat Nasional untuk kategori kabupaten. Hanya satu tingkat di bawah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, sebagai terbaik pertama. Temanggung mampu mengungguli 413 kabupaten lain dari seluruh Indonesia. Ini lompatan menonjol karena tahun 2018 Temanggung hanya mendapat peringkat ke-27 dari 29 kabupaten di Jawa Tengah (kategori kabupaten).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo kepada Bupati Temanggung HM. Al Khadziq, di depan semua Menteri, semua Gubernur se-Indonesia, semua Bupati/Walikota se-Indonesia, dan di depan Pimpinan Lembaga Tinggi dan Lembaga Tertinggi Negara, pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta kemarin, Kamis (9/5).

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan apresiasi dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah baik pemerintah Provinsi maupun Kabupaten ataupun Kota, yang dinilai berprestasi menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan dapat melaksanakan pembangunan yang inovatif dan berkualitas di daerah. Ini adalah penghargaan paling bergengsi yang diperebutkan oleh semua pemerintah daerah se-Indonesia. Penghargaan ini sebelumnya bernama Anugerah Pangripta Nusantara.

Tahapan penilaian terdiri dari penilaian dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), dan dokumen inovasi yang dilakukan oleh tim penilai teknis. Verifikasi melalui forum group discussion (FGD) dan kunjungan lapangan, presentasi dan wawancara yang dilaksanakan di Jakarta, dengan empat aspek penilaian yaitu proses penyusunan dokumen perencanaan, kualitas dokumen, inovasi pembangunan, dan pencapaiannya di lapangan. Penilaian dilakukan oleh tim independen yang terdiri dari akademisi dan profesional lintas disiplin ilmu dan keahlian.

Wahono (40) warga Kranggan, Temanggung, mendengar adanya kabar tersebut sontak juga merasakan senang, karena Temanggung akhirnya mampu bersaing di kancah Nasional, Jumat (10/5).

ads

“Sebagai warga Temanggung, dengan adanya kabar baik seperti ini, tentunya Saya sangat senang dan mengapresiasi atas kinerja Pemerintah Kabupaten Temanggung. Semoga Temanggung ke depan lebih baik lagi” jelas Wahono. (Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!