- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Para mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (Hipmi PT) dituntut untuk berani mengambil peluang merintis dan mengembangkan wirausaha atau bisnis, meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19. Selain demi kepentingan masa depan mahasiswa, wirausaha yang dirintis diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru untuk menjawab tantangan zaman berupa ketidakberimbangan jumlah angkatan kerja dengan lapangan kerja yang tersedia.

Hal itu disampaikan oleh Pembina Badan Pengurus Cabang (BPC) Hipmi Purworejo, Yunus SH, saat memberikan motivasi kepada puluhan mahasiswa dalam acara Semarak Milad ke-4 Hipmi PT Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) di Aula Hotel Ganesha Purworejo, Minggu (30/5). Menurutnya, banyaknya pengurus menjadi modal Hipmi PT UMP untuk berlari kencang merealisasikan program-programnya yang mengarah pada penyediaan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Harus berani memulai. Untuk jangka panjangnya, mahasiswa diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan,” katanya.

Yunus mengungkapkan, pola pikir bahwa mahasiswa ketika lulus harus mencari pekerjaan atau menjadi ASN, kini tidak lagi berlaku. Karena itu, mahasiswa harus dapat mengasah jiwa kewirausahaannya sehingga ketika lulus siap menjadi wirausahawan muda dan tidak bergantung dengan lapangan kerja yang tersedia.

ads

“Jadikan organisasi Hipmi PT ini sebagai wadah alternatif untuk mengasah jiwa kewirausahaan, selain konsentrasi utama mahasiswa yakni bidang pendidikan,” ungkapnya.

Ketua Panitia Kegiatan, Andi akbar hidayat, menyebut Semarak Milad ke-4 Hipmi PT Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) mengangkat tema “Start Your Experience and Be A Great Enterpreneur”. Sejalan dengan itu sejumlah tokoh dihadirkan untuk memberikan motivasi serta wawasan bagi anggota Hipmi PT UMP. Selain Yunus yang hadir untuk memberikan materi seputar organisasi Hipmi, motivasi juga disampaikan oleh Bendahara Umum BPC Hipmi Purworejo, Alfi Arifin, serta motivator ternama asal kecamatan Pituruh, Sarmono.

“Milad ke-4 Hipmi PT UMP tepatnya tanggal 25 Mei 2021 dan hari ini menjadi salah satu rangkaian kegiatannya. Harapannya Milad ini menjadi momentum untuk membangkitkan semangat anggota dalam berwirausaha,” sebutnya.

Ketua Hipmi PT UMP, Fanny Suryawan, menjelaskan bahwa saat ini ada sekitar 70 mahasiswa yang aktif tergabung sebagai pengurus dan anggota. Dari jumlah itu, cukup banyak mahasiswa yang memiliki atau mulai merintis usaha. Mulai usaha jasa konveksi, kuliner, hingga bidang pertanian.

“Masa pendemi ini juga banyak peluang yang bisa kita tangkap. Karena itu, teman-teman yang sudah berjalan usahanya terus kita dorong untuk mengajak teman-teman lain yang belum,” kata Fanny yang juga pemilik usaha Surya Konveksi.

Sementara itu, Sekretaris BPC Hipmi Purworejo, Murdiyanto, yang hadir mewakili Ketua Umum memberikan apresiasi kepada pengurus Hipmi PT periode ini yang telah menginisiasi adanya acara milad untuk kali pertama. Pihaknya juga mengapresiasi karena kian banyak mahasiswa yang berani merintis usaha.

“Ini akan terus kita dorong, kita di jajaran BPC Hipmi Purworejo akan terus memberikan bimbingan, pendampingan, dan support yang lain agar teman-teman mahasiswa ini dapat terus berkembang,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!