- iklan atas berita -

Metro Times (Wonosobo) – Seleksi Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) Tahun 2023 digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mubaarok Manggisan Mudal Mojotengah Wonosobo, kegiatan MQK akan berlangsung selama tiga hari, Sabtu-Senin (3-5/6) akan dibuka Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad, SH, MH. Selain Kakanwil pembukaan juga diikuti Bupati Wonosobo, Wakil Bupati Wonosobo, Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil, Muhtasit dan Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota Se-Jawa Tengah serta tamu undangan Ormas Keagamaan di Wonosobo.

Wakil sekretaris panitia MQK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023, Ali Ansori menuturkan, kegiatan MQK ini diikuti oleh delegasi santri dari Kabupaten/Kota Se-Jawa Tengah. Dalam MQK ini ada empat marhalah (Tingkatan), yakni; Ula, Wustho, Ulya dan Ma’had Aly dengan 18 bidang (Cabang). “Dalam MQK ini menghadirkan 25 dewan hakim. Dewan hakim yang terpilih merupakan orang-orang profesional, kompeten dan sudah berpengalaman. Mayoritas dewan hakim sudah pernah terlibat pada MQK-MQK sebelumnya,” ujar Ali saat rapat ceking akhir di ruang sekretariat MQK 2023 di Komplek Ponpes Al Mubaarok Manggisan Mudal Mojotengah, Jumat (2/3) malam.

Sementara itu, Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Jateng sekaligus Ketua Panitia, Muhtasit menuturkan, pada MQK Tahun 2023 ini merupakan yang ke VII “MQK ini, selain untuk seleksi mencari bakat, juga sebagai ajang silaturahmi santri Jawa Tengah. Para delegasi yang terpilih ini, nantinya akan menjadi delegasi kafilah (Kontingen) Jawa Tengah dalam ajang MQK Nasional yang akan digelar bulan Juli di Ponpes Sunan Drajat Lamongan Jawa Timur,” paparnya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!