- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Masyarakat Indonesia dikenal memiliki berbagai tradisi yang biasanya dilakukan untuk memperingati atau merayakan momen tertentu. Mulai dari hari kemerdekaan, dimana tradisi tersebut kerap dilakukan dengan hikmad.

Salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI adalah malam tirakatan 17 Agustus. Tradisi yang dilakukan pada malam hari sebelum tanggal 17 Agustus ini terus dilestarikan secara turun temurun.

Hal seperti ini dilakukan seperti di Dusun Bawang RT 04 RW 04, Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Dari mulai anak-anak, dewasa, hingga orang tua, berkumpul guna melakukan tirakatan dalam rangka Memperingati HUT ke-78 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2023.

Dengan mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” warga RT 04 RW 04 Dusun Bawang melakukan tirakatan dengan penuh syukur dan hikmad.

ads

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa bersama, dan dilanjutkan dengan makan bersama.

Tokoh Pemuda RT 04 RW 04 Dusun Bawang, Muhdi mengatakan, malam tirakatan di lingkungan RT-nya seperti ini sudah secara rutin dilakukan di setiap tahunnya.

“Ini semua dilakukan sebagai bentuk rasa syukur dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang dulu berjuang mengorbankan nyawanya untuk negara tercinta Indonesia,” terang Muhdi.

Selain doa bersama dan tirakatan, jelas Muhdi, nantinya setelah tanggal 17 Agustus juga akan dilaksanakan perlombaan yang diikuti dari mulai anak-anak, Ibu-ibu, dan juga Bapak-bapak. Dan perlombaan ini, wajib diikuti oleh warga RT 04 RW 04 tanpa terkecuali.

“Selamat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 tahun 2023, terus melaju untuk Indonesia Raya,” jelas Muhdi, mewakili warga masyarakat RT 04 RW 04 Dusun Bawang. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!