- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pos Polisi Pendowo dengan kontruksi unik berbentuk buah manggis di kawasan pertigaan Pendowo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo selesai dibangun. Pos unik yang berdampingan dengan patung lima tokoh Pandawa itu dipastikan siap menjadi pos pengamanan dan pelayanan lalu lintas setelah diresmikan penggunaannya pada Jumat, (21/12) sore.

Peresmian dilakukan oleh Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong SH SIK MM didampingi Wakapolres Kompol Andis Arfan Tofani, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Suranto SSos MPA, dan Kasat Lantas Polres Purworejo AKP Nyi Ayu Fitria Facha SH. Hadir dalam kesempatan itu para personel Satlantas, tokoh agama, serta tokoh masyarakat setempat.

Kapolres AKBP Indra mengatakan bahwa Pos Polisi Pendowo yang dibangun oleh Pemkab Purworejo merupakan salah satu bentuk dukungan Pemkab terhadap tugas-tugas Polri. Selain unik dan indah, Pos Polisi Pendowo juga memiliki fasilitas yang lengkap. Pihaknya berharap, keberadaannya dapat betul-betul meningkatkan pelayanan.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemkab Purworejo,” katanya.
Menurut Kapolres, pos polisi berkontruksi buah manggis belum ada di wilayah lain. Keunikannya diharapkan dapat menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat.

ads

“Kawasan ini akan menjadi jalur utama menuju Bandara NYIA. Kami berharap masyarakat di sekitar pos ini juga dapat turut merawat keindahannya” tegasnya.

Kepala DPUPR Suranto yang hadir mewakili Bupati Purworejo menyebut, pertigaan Pendowo merupakan jalur yang strategis dan cukup padat, sehingga memerlukan penanganan ekstra baik dari sisi manajemen jalan raya maupun manajemen lalu lintasnya. Oleh karena itu, diperlukan sinergitas antara Pemerintah sebagai pengelola jalan raya dan Kepolisian sebagai pengatur lalu lintasnya.

“Pembangunan taman dan patung Pendowo beserta pos polisi lalu lintas di sebuah kompleks terpadu ini, diharapkan bisa menggambarkan sinergitas antara Pemkab Purworejo dan Polres Purworejo. Sehingga diharapkan terwujud keamanan dan ketertiban lalu lintas di kawasan ini, demi kenyamanan pengguna jalan dan masyarakat pada umumnya,” sebutnya.

Dengan bentuk yang artistik, lanjutnya, diharapkan dapat menimbulkan kesan positif bagi para pengendara yang melalui jalur tersebut, utamanya masyarakat luar daerah. Sementara bagi masyarakat daerah, diharapkan bisa menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan pada daerah.

Keberadaan Polres Purworejo saat ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkapnya.

Kasat Lantas AKP Nyi Ayu Fitria menyatakan bahwa Pos Polisi Pendowo dipastikan siap digunakan untuk mengamankan lalu lintas sekaligus melayani pengendara selama masa libur Natal dan Tahun Baru.

“Fasilitas semua sudah siap. Setiap hari rata-rata ada empat personel yang bertugas,” kata AKP Nyi Ayu didampingi Kepala Pos Polisi Pendowo, Aiptu Sugito. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!