- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop6 Yogyakarta menyelenggarakan Bakti Sosial berupa pengobatan gratis pada masyarakat yang tinggal di sekitar Stasiun Jenar, Kabupaten Purworejo. Hal itu dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) serta bukati nyata keperdulian BUMN hadir untuk Negeri, Selasa (10/7/18) Pagi.

Sekitar 300 undangan disebar kepada masyarakat sekitar Stasiun Jenar wetan dengan dibantu petugas kelurahan Bragolan, PT KAI DAOP6 juga membagikan 38 kacamata kepada anak Sekolah Dasar Bragolan (SD) dan SD Jenar. Namun dalam bakti sosial pengobatan gratis kali ini ada yang berbeda, karena seluruh proses tindakan dilakukan di atas kereta api kesehatan atau lebih dikenal dengan sebutan Rail Clinic.

Pelayanan kesehatan di Stasiun Jenar ini dilayani dengan Rail Clinic generasi ke-4, pada generasi 4 ini terdapat dua gerbong layanan kesehatan dan dua gerbong lainnya sebagai perpustakaan (Rail Library).

Hal itu disampaikan Eko Purwanto, selaku kepala DAOP6 Yogyakarta, pada saat acara berlangsung, adapun layanan kesehatan yang disediakan di dalam Rail Clinic ini adalah pelayanan kesehatan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian.

ads

“Untuk di dalam Rail Library terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku bacaan anak-anak sampai dewasa. Selain itu, tersedia pula fasilitas e-library yang dilengkapi enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukati,” ucap Eko.

Pembuatan Rail Clinic ini dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA. Sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan darat lainnya.

Diungkapkannya, untuk mendapatkan layanan kesehatan di Rail Clinic ini, masyarakat hanya diminta untuk menunjukkan kartu undangan yang sebelumnya telah diberikan terlebih dahulu.

“Pada kegiatan pelayanan kesehatan ini, PT KAI Daop 6 bekerjasama dengan Kelurahan Bragolan dan Jenar Wetan dalam penyampaian undangan pelayanan kesehatan dengan jumlah 300 undangan. Selain itu, kita juga membagikan 38 kacamata secara gratis pada siswa SD Bragolan dan Jenar Wetan,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Eko, PT KAI menyiagakan tim kesehatan yang berasal dari internal pegawai PT KAI untuk melayanani masyarakat setempat.

Diharapkan, dengan adanya pengobatan melalui Rail Clinic ini, tingkat kesehatan warga menjadi lebih baik. Serta pada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan stasiun atau rel kereta api, untulk sama-sama menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset yang menjadi milik PT KAI. Jangan suka selfie di jalur pelintasan KA, untuk menghindari laka KA.

Sampai saat ini, PT KAI memiliki empat kereta kesehatan atau Rail Clinic yang beroperasi di wilayah Sumatera dan Jawa. Tiga kereta kesehatan sebelumnya sudah disebar ke Medan, Palembang, dan Tanjung Karang, Rail Clinic ini telah diresmihkan sejak tahun 2015,” jelas Eko Purwanto.

Sementara, Sumari (42) warga Jenar Wetan menjelaskan, dirinya mengapresiasi kepada PT KAI Wilayah DAOP6 Yogyakarta yang telah menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara gratis bagi warga Jenar dan sekitarnya, Jelasnya.

Sumari berharap, acara seperti ini bisa sering dilaksanakan, dirinya datang untuk mengecek penyakit yang dialaminya, semoga dengan adanya berobat gratis ini bisa membantunya. Harap Sumarni. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!