Temuan Makam Kuno Bercahaya, Dijaga Warga 

0
2285
- iklan atas berita -

 

Metro Times (Kendal) Makam kuno yang ada di Desa Kumpulrejo RT 01 RW 02 Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal Jawa Tengah, ditemukan Catur 58 tahun warga setempat, saat sedang beristirahat siang di ladang kebun miliknya, kini selalu dijaga warga.

 

Makam kuno dengan nisan batu karang yang diperkirakan warga setempat telah berusia ratusan tahun setiap malam malam dijaga warga. Pasalnya, batu karang makam kuno tersebut setiap malam bisa berkelip- kelip layaknya sebuah bintang.

 

ads

Catur menuturkan, awal mula penemuan makam tersebut saat dirinya sedang beristirahat siang di lahan kebun miliknya.

 

“Sehabis membersihkan kebun saya istirahat duduk sejenak, dan saya lihat di depan saya ada batu putih terlihat sebesar genggaman tangan, Karena penasaran lalu saya coker-coker dan terlihatlah batu nisan makam in,” kata Catur, senin (8/7/2019).

 

Mengetahui batu yang digali berupa batu nisan, Catur lantas memanggil warga dan menyampaikan penemuannya itu.

 

Dibantu warga lainnya, Catur mulai melakukan penggalian. Sampai kedalaman 1 meter baru terlihat makam dengan nisan batu karang yang diduga makam kuno.

 

“Setelah itu, saya teruskan dengan melaporkan penemuan itu ke Pemerintah Desa,” imbuhnya.

Catur penemu makam kuno saat membersihkan makam

Menerima adanya laporan dari warga tentang adanya penemuan makam kuno dengan nisan batu karang, Basuki, Kepala Desa Kumpulrejo menindak lanjuti dengan melihat langsung ke lokasi penemuan.

 

“Saya cek lokasi, dan memang benar dugaan bahwa makam ini makam kuno, karena 3 kades yang pernah menjabat sebelum saya tidak tahu tentang asal usul makam ini,” kata Basuki.

 

Basuki selaku kepala Desa juga langsung melaporkan penemuan makam kuno tersebut ke Kecamatan, Pemda Kendal dan Gubernur.

 

“Kami juga melaporkan penemuan makam kuno ke Badan Arkeolog Nasional guna dilakukan penelitian lebih lanjut. Pasalnya, banyak yang menyampaikan ke saya bahwa nisan makam tersebut termasuk batu karang kuno yang unik,” imbuhnya.

 

Keunikan dan tekstur batu karang dari nisan makam kuno menjadi sorotan bagi warga setempat dan sempat menggemparkan warga.

 

“Keunikan dari nisan batu karang terlihat jelas saat malam hari, karena setiap malam nisan makam itu berkelip mengeluarkan cahaya,” katanya.

 

Basuki juga mengatakan, demi keamanan makam dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, warga setiap malam secara sukarela menjaga makam.(Gus)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!