TNI dan Banser Bersinergi Antisipasi Bencana

0
285
TNI dari Kodim 0717/Kendal bergotong royong membuat tanggul dari karung berisi tanah, Minggu (31/1)
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – Tentara Nasional Indonesia (TNi) dari Kodim 0715/Kendal terus tingkatkan sinergisitas dengan segenap elemen masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Seperti yang dilakukan personil Kodim 0715/Kendal yang bersinergi dengan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Satkoryon Kendal. Sinergitas diwujudkan dalam gotong royong dan saling bahu membahu mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencan alam dengan menyiapkan ratusan karung berisi tanah pada salah satu sisi tanggul di Desa Lanji yang mengalami longsor oleh arus sungai.

Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Iman Widhiarto, S.T, mengatakan, kondisi tanggul yang bocor di Lanji membuat masyarakat was-was dan kuatir mengingat hingga saat ini curah hujan di Kendal masih cukup tinggi.

“Mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana dan dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat, Kodim 0715/Kendal bersama Banser Kab. kendal bergerak cepat menyiapkan karung tanah,” kata Dandim, Minggu (31/1/2021) kemarin.

Dikatakan, Kodim 0715/Kendal telah menyiapkan sedikitnya 500 karung berisi tanah untuk membantu menanggulangi tanggul yang longsor di Desa Lanji.

ads

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bersama Banser dan komponen masyarakat lainnya dapat memberikan rasa aman bagi warga,” harapnya.

Dandim menjelaskan, ratusan karung itu diisi di Koramil-Koramil jajaran Kodim 0715/Kendal, kemudian dikumpulkan dan ditumpuk di tangul sungai. Apabila air surut, nantinya karung-karumg tersebut akan disusun di tanggul yang longsor.

Ditambahkan, kegiatan ini juga bertepatan dengan Harlah NU yang ke 95 tahun. Dan kegiatan yang kita awali hari ini, akan terus berlanjut hinga beberapa hari kedepan.

Sementara itu Satkorcab Banser Kabupaten Kendal, Alex Nur Abyadl mengatakan, gotong royong bersama TNI tersebut dalam rangka memperingati HUT NU ke 95 dan satu upaya melindungi pemukiman penduduk desa Lanji Patebon dari dampak luapan banjir sungai Bodri apabila tanggul jebol.

“Karung kita gunakan untuk menambal tanggul, ini langkah nyata kita bersama anggota TNI untuk melindungi warga,” ungkapnya.

Secara terpisah, Ketua GP Ansor Kendal Misbahul Munir menuturkan di Harlah NU ke 95, sahabat sahabat Banser mampu membuktikan diri dengan bakti sosial langsung dengan TNI dan masyarakat. Bahwa selama ini Ansor dan Banser setia mengabdi kepada NKRI.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!