- iklan atas berita -

Metro Times, (Perworejo), Wakil Gubernur (Wagub) Jawa tengah, Drs Heru Sudjatmoko MSi, mengunjungi SMA Negeri 1 Purworejo yang sedang merayakan hari jadinya ke-62, Rabu (2/8). Mewakili Gubernur Ganjar Pranowo, Heru bertindak layaknya seorang guru dan mengajar ratusan siswa setempat.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan sekolah tersebut dihadiri Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Ketua Muda Ganesha (alumni) Dwi Wahyu Atmaji yang menjabat Sesmenpan, perwakilan direksi Bank Indonesia, perwakilan direksi PLN, dan perwakilan Balai Besar Wilayah Serayu Opak (BBWSO) Yogyakarta.

Hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Kepala BP2MK wilayah IV, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Purworejo, Komite, Pengawas SMA, Kepala SMA, Kepala SMP/MTs.
Selama lebih kurang 2 jam jadi guru, Heru menggembleng para siswa dengan berbagai materi yang menekankan siswa untuk sukses. Dirinya juga mengajak siswa menjadi intelektual yang santun dan rendah hati.

Suasana tampak hidup dengan adanya sesi tanya jawab. Pada akhir pembelajaran, Heru mengabadikan pesannya dalam sebuah prasasti.

ads

“Belajar sepanjang masa. Jangan merasa tidak bisa jika belum belajar dan melaksanakannya atau mencobanya. Tentu disertai dengan doa kepada Tuhan YME,” tulis Heru dalam prasasti.

Tidak hanya mengajar, dalam kesempatan itu Heru mewakili Gubernur juga meresmikan Gerbang Sekolah. Selain itu, Heru bersama bupati dan rombongan berkesempatan mengunjungi pameran kreativitas siswa di sejumlah ruang kelas.

Bupati Purworejo Agus Bastian saat memberikan sambutan menyatakan apresiasinya kepada SMAN 1 Purworejo. Selama 62 tahun eksis mewarnai dunia pendidikan, SMAN 1 banyak mencetak lulusan handal dan berkontribusi positif terhadap daerah.

“Sekolah jenjang SMA dan SMK sekrang kewenangannya memang pada provinsi, tapi kami senantiasa ingin terus memonitor agar dapat memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Kepala SMAN 1, Padmo Sukoco MPd, mengatakan bahwa peringatan HUT ke-62 SMAN 1 mengangkat tema “62 Tahun Mengabdi dan Menyemai Prestasi untuk Negeri”. Kesediaan Wagub mengajar di SMA 1 merupakan hadiah istimewa.

“Kehadiran Pak Wagub memberikan inspirasi dan melecutkan semangat para siswa serta guru dan karyawan SMA 1,” katanya.

Dijelaskan, SMA 1 Purworejo terus menorehkan prestasi. Prestasi terbaru antara lain, guru Bahasa Inggris Tri Yuniarti lolos ke Queensland Australia. Guru seni dan budaya bernama Kristanti Tri Purwanti juga lolos pertukaran guru dan akan mengajar di Den haag selama dua tahun.

Bukan hanya guru, dua siswa SMA 1 juga lolos program pertukaran pelajar. Nabila Asyifa Nur lolos ke Denmark dan Rifai Naufal lolos ke Jepang. Keduanya akan berangkat Oktober mendatang.

“Baru-baru ini siswa kami atas nama Endah juga juara I nasional news anchor yang diselenggarakan Erlangga bekerja sama dengan Liputan 6 SCTV,” jelasnya.
Padmo menambahkan, bersamaan dengan kegiatan Wabub mengajar, juga akan sekaligus diluncurkan program Sistem Kredit Semester (SKS) yang mulai diterapkan di SMA 1. Program SKS tersebut merupakan bagian dari implementasi sekolah rujukan yang ditetapkan untuk SMA 1 Purworejo. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!