- iklan atas berita -

 

 

Metro Times (Surabaya) – Kemakmuran nasional dan pengurangan kemiskinan bergantung pada warga negara yang dipekerjakan dan produktif. Namun, sistem pendidikan dan pelatihan vokasi di beberapa negara berkembang masih belum secara maksimal memberikan keterampilan yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan, meningkatkan produktivitas, dan menyediakan tenaga kerja yang terampil. 

British Embassy melalui ILO (International Labour Organization), Indonesia meluncurkan program UK-Indonesia Skill Prosperity Program pada Selasa (18/02) di Sheraton Hotel Surabaya.  Dalam Program ini, Inggris mengucurkan bantuan senilai hampir 75 juta Poundsterling dalam mengatasi kurangnya SDM yang unggul. SDM yang unggul dinilai akan membantu peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup, termasuk pengurangan tingkat kemiskinan dan ketidaksetaraan gender. Program ini  memberikan insentif bagi pertumbuhan ekonomi melalui intervensi peningkatan sistem pendidikan tinggi vokasi di sembilan negara (Brasil, Mesir, lndonesia, Kenya, Malaysia, Meksiko, Nigeria, Filipina dan Afrika Selatan).

ads

UK Prosperity Fund adalah sebuah bantuan sebesar 7,27 juta yang bertujuan untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia yang berfokus pada Sektor Maritim di Indonesia. Provinsi yang mendapatkan bantuan meliputi Batam, Manado, Semarang, dan Surabaya. Di Surabaya, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) mendapatkan bantuan untuk peningkatan sistem pendidikan sehingga dapat mencetak SDM unggul bidang maritim, khususnya pembangunan kapal. PPNS dipilih karena dinilai menjadi perguruan tinggi vokasi fokus pada bidang perkapalan dan juga telah menerapkan produksi kapal dalam pembelajarannya. 

Ada lima tujuan program, yakni, Ekuitas – peningkatan akses terhadap pendidikan tinggi vokasi dan training.  Kualitas – Kualitas hasil pembelajaran yang ditingkatkan. Relevansi – mengurangi skill gap antara pendidikan dan industri. Keefektifan biaya – Keterjangkauan yang lebih baik. Mempromosikan peluang perdagangan dan investasi jangka panjang untuk organisasi internasional termasuk perusahaan Inggris dengan perusahaan di Indonesia. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!