- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Timur memperingati Hari Ulang Tahun Bank Indonesia yang ke 70 dan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 dengan Launching Promo QRIS Sektor Transportasi Rp. 78.

Saat Launching QRIS sektor transportasi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Doddy Zulverdi, menyampaikan, Kegiatan kita pagi ini adalah bagian dari pelaksanaan rangkaian pekan QRIS nasional tahun 2023, yang kami juga kaitkan dengan Peringatan hari ulang tahun Bank Indonesia ke 70 dan juga peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78.

Ia melanjutkan, Launching QRIS adalah salah satu kegiatan dimana kami berupaya supaya implementasi penggunaan QRIS di kota Surabaya dan sekitarnya, yang semakin meluas termasuk juga bagaimana kita meningkatkan efisiensi transaksi di sektor transportasi.

“Pagi ini, kami bekerja sama dengan dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur dan juga Dinas Perhubungan Kota Surabaya, bersama-sama coba mendorong masyarakat untuk menggunakan QRIS dalam membayar tarif transportasi saat ketika mereka menggunakan beberapa moda transportasi di kota Surabaya yang kita pagi ini sudah lihat moda transportasinya,” terang Doddy usai menempel stiker ajakan QRIS di moda transportasi di halaman BI Surabaya, Kamis (17/8/2023).

ads

Harapannya nanti masyarakat akan semakin terbiasa tidak lagi menggunakan uang tunai, sehingga ujung-ujungnya semua transaksi semakin banyak yang non tunai.

Doddy menjelaskan, Dalam satu rangkaian dengan Launching QRIS pagi ini yaitu nanti tanggal 19 Agustus 2023 kami juga akan mengadakan acara lain, fun walk, pesta rakyat juga program serupa yaitu QRIS experien Rp.78 juga. Tapi untuk masuk ke beberapa lokasi wisata.

“Jadi ini semua kami upayakan meski masuk program waktu yang pendek, tapi mudah-mudahan bisa memberikan pesan baik kepada masyarakat, bahwa menggunakan QRIS itu sangat mudah, sangat aman, dan juga sangat murah dan efisien,” ujarnya.

“Khusus yang transportasi, kami hanya lakukan untuk tanggal 17 Agustus ini, tapi harapan ini bisa menjadi pemicu untuk masyarakat yang kemudian sudah memulai menggunakan QRIS. Bahwa QRIS sesuatu yang mudah,” tandasnya

Untuk penggunaan QRIS sektor yang lain, Doddy menjelaskan, Sementara ini kita juga memasukkan untuk parkir, bayar jalan tol, yang juga termasuk yang terbesar. Tapi kalau untuk transportasi di kota Surabaya, masih perlu kita tingkatkan. Sedangkan untuk wisata masih cukup terbatas, makanya kami juga dorong berbagi tempat wisata nantinya kalau ada tiket atau karcis harus dibayar menggunakan QRIS.

Menurut Doddy, masalah hambatan kalau di Surabaya seharusnya tidak ada masalah yang signifikan yang berkaitan dengan infrastruktur telekomunikasi. Tetapi kendala lebih banyak kepada kepemahaman mengenai kemudahan dan manfaat dari pengguna QRIS. Jadi kami terus lakukan kerjasama terutama dengan perbankan, dan juga dengan perusahaan-perusahaan penyedia jasa pembayaran non bank dengan memberikan berbagai insentif, kemudahan, misalkan melekatkannya dengan mobile banking dan berbagai program insentif lain yang dilakukan oleh kawan-kawan perbankan. Sehingga para nasabah dari perbankan dan juga pengguna atau konsumen dari lembaga penyedia jasa non bank tadi semakin kenal dan mudah.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!