- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Tim Penggerak PKK Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah mulai merambah teknologi digital untuk mengangkat potensi lokal yang dimiliki. Tidak sendiri, TP PKK menggandeng seluruh kelompok karangtaruna untuk mengoptimalkan promosi potensi perkebunan, pariwisata serta UMKM di desa tersebut.

Beberapa waktu lalu TP PKK desa ini melaksanakan lomba vlog youtube bertema Gemah Ripah Loh Jinawi. Dalam lomba itu para peserta diwajibkan untuk mengangkat potensi lokal Desa Kaligono baik pada sektor pertanian perkebunan, pariwisata maupun UMKM.

“Saat ini kebetulan lagi musim durian, jadi peserta rata-rata mengangkat tema durian wilayah RW masing-masing. Karena memang potensi atau perkebunan durian ada di seluruh RW dan dusun di Desa Kaligono,” kata Ketua TP PKK Purworejo, Yuliati usia menyerahkan hadiah pagi para pemenang, Kamis (28/12/2023).

Dia mengutarakan, lomba vlog dilaksanakan sebagai rangkaian dari peringatan Hari Ibu tahun 2023. Pada momentum ini TP PKK Desa Kaligono bermaksud mengembangkan kreatifitas pemuda dan karang tarus diera digital. Kegiatan itu bertujuan untuk memperkenalkan seluruh potensi desa kepada halayak luas.

“Ini sekaligus memupuk rasa cinta para remaja dan pemuda untuk desa yang menjadi tempat kelahiran mereka,” kata dia lagi.

ads

Yuliati mengutarakan bahwa Desa Kaligono memiliki beberapa potensi unggulan. Selain sebagai salah satu desa penghasil durian dan manggis terbesar di Purworejo, Kaligono juga memiliki potensi pariwisata yang tak kalah dari desa lain di Kecamatan Kaligesing.

Dengan lomba vlog ia berharap seluruh potensi itu terangkat sehingga mampu mendongkrak ekonomi masyarakat.

“Dengan muncul di media sosial, orang-orang di luar sana akan atau potensi Kaligono. Sehingga mereka berkunjung kesini, dengan demikian diharapkan produk UMKM kita laku, pertanian kita laku, pariwisata kita laku,” ujarnya.

Seperti diketahui Desa Kaligono memiliki sejumlah potensi pariwisata. Kaligono pun dikenal sebagai salah satu desa penghasil durian dan manggis terbesar di Purworejo. Yuliati berharap potensi ini terus dikembangkan agar mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!