- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Belasan sukarelawan pendonor darah di Kabupaten Purworejo akan menerima penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial Republik Indonesia. Penghargaan itu akan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta.

Warga Purworejo yang akan menerima penghargaan dari presiden itu adalah sukarelawan yang sudah 100 kali melakukan donor darah. Mereka patut mendapat penghargaan karena bersedia berbagi kehidupan terhadap orang lain secara sukarela.

Pada Kamis (1/8) PMI Purworejo melaksanakan kegiatan pelepasan 12 sukarelawan tersebut di Gedung Arahiwang Setda Purworejo. Selanjutnya mereka akan diberangkatkan ke Jakarta untuk menerima penghargaan dari Presiden pada 5 Agustus nanti.

Wakil Ketua Palang Merah Indonesia atau PMI Kabupaten Purworejo Ernawan Cahyo Winardi mengatakan, sudah cukup lama pemberian penghargaan tidak diselenggarakan, akibat pandemi COVID-19. Tahun ini kembali digelar dan sebanyak 12 orang sukarelawan Purworejo berkesempatan memperoleh penghargaan itu.

“Dari 12 orang itu ada dua orang yang sudah meninggal yaitu almarhum bapak Wasis Suwargono dan almarhum bapak Purnomo. Penghargaan akan tetap diserahkan dan nanti akan diwakili istri dan anaknya,” kata Cahyo.

ads

Winardi mengutarakan, prestasi yang di raih para pendonor ini sangat menginspirasi. Mereka pun mencerminkan dedikasi serta komitmen untuk membantu sesama.

“Kami merasa terhormat karena bapak dan ibu akan menerima Satya Lencana Kebaktian Sosial Republik Indonesia dari Presiden. Penghargaan ini adalah bentuk pengakuan atas kontribusi besar bapak dan jbu dalam menyelamatkan nyawa. Semoga pencapaian ini semakin memotivasi kita semua untuk terus aktif dalam kegiatan donor darah,” sebut Winardi.

Bupati Purworejo, Yuli Hastuti pada kesempatan yang sama menyampaikan ucapan selamat sekaligus terima kasih untuk para pendonor. Selain sebagai dedikasi dan komitmen pribadi, donor darah yang mereka lakukan merupakan cerminan semangat kebersamaan dan kepedulian sosial.

“Saya juga merasa bangga karena bapak ibu sekalian akan menerima Satya Lencana Kebaktian Sosial Republik Indonesia sebagai penghargaan dari bapak Presiden. Ini adalah pengakuan atas pengabdian dan sumbangsih yang sangat berharga, dalam menyelamatkan nyawa,” ucap bupati.

PMI Luncurkan Layanan Online

PMI terus bermetamorfose mengembangkan sekaligus mempermudah pelayanan baik bagi para pendonor mau warga yang membutuhkan donor darah. Pada kegiatan itu PMI resmi meluncurkan layanan online permintaan darah dan pendaftaran mandiri donor darah.

Ernawan Cahyo Winardi mengemukakan, pengembangan sistem layanan online ini dilakukan dengan dukungan PT Nusantara Bina Diagnostika (NBD) Yogyakarta. Ia meyakini, inovasi ini akan meningkatkan efisiensi layanan PMI dan mendukung upaya
penyelamatan nyawa di Kabupaten Purworejo.

Layanan tersebut dapat diakses melalui sistem daring baik melalui komputer maupun handphone sistem Android,

“Kami dengan bangga mengumumkan peluncuran dua inovasi penting dalam pelayanan kesehatan kita. Sistem ini akan mempermudah distribusi darah dari PMI menuju rumah sakit atau warga penerima,” katanya.

Kedua, lanjut Winardi, pelayanan pendaftaran donor darah secara mandiri melalui sistem internet juga akan memberi kemudahan dan aksesibilitas bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah.

Bupati mengapresiasi inovasi yang dikembangkan PMI. Baginya hal ini merupakan langkah maju yang positif, dalam meningkatkan efisiensi pelayanan dan aksesibilitas bagi masyarakat. Dengan sistem ini, diharapkan proses pendonoran darah menjadi lebih mudah, cepat, dan efektif, serta mampu memenuhi kebutuhan darah yang semakin meningkat.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!