- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) TNI Angkatan Laut. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon. Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr. Opsla hadiri Upacara Peringatan Hari Ulang tahun (HUT) Korps Marinir Ke-78 serta Serah Terima Jabatan Komandan Korps Marinir bertempat di Lapangan Apel Brigif 1 Marinir, Jl. Raya Cilandak KKO Jakarta Selatan, pada Rabu. (15/10/23)

HUT Korps Marinir TNI Angkatan Laut diperingati setiap tahunnya pada tanggal 15 November. Tahun ini, tepatnya pada tanggal 15 November 2023 merupakan peringatan HUT ke-78 Korps Marinir TNI AL

Upacara parade dan defile HUT Korps Marinir ke-78 tahun 2023 ini dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, mengusung tema Korps Marinir yang profesional, tangguh dan digdaya terus melaju untuk Indonesia maju. Dirangkai dengan serah terima jabatan Komandan Korps Marinir dari Letnan Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr.(Han) kepada Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP.

Upacara yang dilaksanakan di Bumi Marinir Cilandak tersebut juga dihadiri oleh para mantan Komandan Korps Marinir dari masa ke masa.
Diawali pembacaan sejarah singkat Korps Marinir dan Curicculum Vitae Pejabat Komandan Korps Marinir yang baru, juga pemberikan tanda kehormatan kepada prajurit dan pembacaan surat keputusan kenaikan pangkat luar biasa kepada prajurit Korps Marinir yang telah berjasa dalam tugas.

Pada acara tambahan disuguhi demontrasi beladiri Chadrick sebagai beladiri khas Korps Marinir yang merupakan gabungan seni beladiri yang ada di tanah air dan macanegara, seperti MMA, karate, taekwondo, judo, pencak silat, jiujitsu dengan gerakan pukulan dasar, tangkisan, tendangan dan kuncian serta menguasai perkelahian sangkur.
Demonstrasi lainnya adalah senam pedang para perwira muda Marinir, panahan oleh ibu-ibu Jalasenastri, dan displai drum band prajurit Korps Marinir.

ads

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam amanatnya menyebutkan bahwa Perayaan HUT Korps Marinir ke-78 ini adalah momentum untuk terus menjaga nilai-nilai tradisi dan menumbuhkan kebanggaan, serta pemahaman bahwa kita semua bertanggung jawab untuk menulis kedigdayaan Korps Marinir di masa yang akan datang.

Laksamana TNI Muhammad Ali berpesan agar seluruh Prajurit Korps Marinir dapat selalu menjalankan tugas dengan baik, menjaga nama baik Korps Marinir serta menunjukkan bahwa tidak ada teman yang lebih baik serta musuh yang lebih menakutkan dari pada Marinir.

Selain itu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut menyebutkan bahwa Serah Terima Jabatan Komandan Korps Marinir merupakan tonggak regenerasi kepemimpinan dan juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi tinggi kepada Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah karena telah melaksanakan tugas tanggung jawabnya dengan sangat baik serta meyakini bahwa Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi melalui kemampuan dan kapabilitasnya mampu mengemban amanah dengan sebaik-baiknya.

Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina sebagai perwira Korps Marinir selalu optimis Korps Marinir akan terus berjaya dan selalu berkontribusi dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!