- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Sejumlah potensi wisata edukatif dimiliki Desa Megulung Kidul Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Potensi tersebut diharapkan dapat terus dikembangkan sehingga menjadi daya tarik wisata baru di wilayah Purworejo bagian barat.

Hal itu diketahui saat pelaksanaan Uji Paket Wisata 2024 oleh tim dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo di Desa Megulung Kidul, Senin (3/6). Selama sehari, tim mendatangi langsung sejumlah aktivitas warga dan lokasi wisata. Mulai dari ramah tamah sembari menikmati kuliner Agro Resto di Dusun Sabin, melihat produksi kerupuk rambak, produksi stick singkong, produksi gembus, mengunjungi sentra peternakan sapi, hingga kebun buah Kemijen.

Ketua Kelompok Sadar Wisaya (Pokdarwis) Melati Suci Desa Megulung Kidul, Sulastriyanto, menyebut, sejumlah lokasi yang dikunjungi memang menjadi potensi wisata edukasi yang kini mulai bergeliat. Salah satu lokasi yang menjadi unggulan berupa restoran di area persawahan yang dikelola oleh Bumdes setempat bernama, Resto Dusun Sabin.

“Potensi UMKM, kebun buah, peternakan Sapi yang menghasilkan bio gas dari kotoran Sapi, memang berpotensi menjadi daya tarik wisata. Untuk kebun buah jenisnya Anggur, Alpukat, Jambu, Manggis, ada juga yang lain,” sebutnya, pada sela kegiatan Uji Paket Wisata.

Kepala Desa Megulung Kidul, Malik Khairul Anam, mengatakan bahwa ini kali kedua Desa Megulung Kidul menjadi tujuan uji paket wisata. Sebelumnya telah dilakukan uji paket wisata pada tahun 2022.

ads

“Kami merasa perlu memunculkan destinasi, sebagai usaha kami di Purworejo bagian barat. Purworejo bagian barat ini perlu daya tarik wisata. Kemudian kami fokus mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan daya tarik wisata. Kami ingin ini terbentuk menjadi kolaborasi antar desa di Pituruh, kebetulan kami ada di posisi tengah. Artinya sebagai ruang pertemuan mudah dijangkau,” terangnya.

Pihaknya menyambut baik adanya uji paket wisata ini. Hal ini menunjukkan Pemerintah Kabupaten memberikan perhatian terhadap usaha Desa Megulung Kidul yang mulai membangkitkan pariwisata. Selama ini pihak pemerintah desa tengah fokus merintis desa wisata. Salah satunya dengan mengalokasikan dana desa untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat, seperti belajar produksi anyaman bambu, dan lainnya.

“Upaya yang kami rintis mendapat sambutan baik dari dinas, sehingga perlu adanya uji paket wisata, meskipun disini masih baru, masih awal sekali, karena kami merintis baru 2019, jadi sejak dulu belum ada wacana yang mengarah ke desa wisata,” terangnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata, Sumber Daya Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif, Dinporapar Purworejo, Agung Pranoto, mengungkapkan bahwa potensi wisata edukasi di Desa Megulung Kidul cukup besar.

“Harapan kita UMKM yang ada di sekitar juga jadi daya tarik paket wisata yang bisa diolah (menjadi wisata edukasi). Potensinya cukup besar, harapannya bisa dibawa kesana,” ungkapnya.

Disebutkan, uji paket wisata tahun 2024 ini difokuskan pada 10 desa di berbagai kecmatan yang tujuannya untuk mengetahui kesiapan desa terhadap penerimaan tamu wisata. Selama ini, pihaknya juga telah memberi pelatihan serta bantuan secara fisik kepada desa wisata.

“Kita harapkan apa yang diberikan selama ini desa bisa mengejawantahkan menjafi sebuah paket wisata, yang harapannya bisa dijual ke para pelaku wisata. Kami memilih 10 desa ini ada prosesnya, nanti di akhir akan ada diskusi, saran dan masukan dari kami akan kita sampaikan, kedepan juga kita akan pantau, pelaksanaannya seperti apa,” terangnya.

Ditambahkan, paket wisata yang sudah berjalan baik di Purworejo adalah di Desa Pandanrejo, dan Somongari, Kecamatan Kaligesing.

“Ada contohnya di Pandanrejo, dan Somongari, memang kali ini tidak kita ikutkan, karena kuota terbatas, kita beri kesempatan bagi yang lain. Uji paket ini yang kita libatkan dari akademisi, pelaku wisata, desa wisata, lalu dari Bagus Roro Purworejo, Genpi, juga dari Dinas Porapar,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!