- iklan atas berita -

METRO TIMES (Ambon)-Ketua TP-PKK Pusat Tri Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke di Provinsi Maluku dan membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Teknis untuk Kader PKK serta memberikan bantuan 1000 paket bantuan untuk masyarakan yang membutuhkan di Kota Ambon, Kamis 10/11/2022.

Kedatangan ketua TP-PKK Pusat tersebut di jemput langsung oleh Ketua TP-PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad, Penjabat Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU , Forkopimda Provinsi Maluku, Penjabat Walikota Ambon, Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Ketua Organisasi Wanita di Provinsi Maluku, Ketua TP-PKK Se-Provinsi Maluku, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan unsur terkait.

Agenda kunjungan Ketua TP- PKK tersebut merupakan agenda Kerjasama antara Ketua TP-PKK Pusat dengan Kementerian Dalam negeri.

Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad dalam sambutannya mengatakan,

“Kegiatan ini mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam upaya mengimplementasikan sinergitas kebijakan dan program TP-PKK Pusat dan Daerah, yang diharapkan dapat menjadi Langkah nyata sebagai upaya optimalisasi pelaksanaan 10 program pokok pkk untuk mendukung program prioritas pemerintah.” ujarnya

ads

Untuk diketahui, kegiatan Kunker Ketua TP-PKK dan rombongan akan berlangsung selama 2 hari yang meliputi 5 Kecamatan yang tersebar di Kota Ambon.

Widya mengucapkan selamat datang kepada Ketua TP-PKK Pusat Ibu Tri Tito Karnavian dan rombongan yang memilih Maluku sebagai lokasi kunjungan kerja.

“Kami sangat senang ibu, karena baru kali ini dalam sejarah, kami TP-PKK Provinsi Maluku bisa dikunjungi oleh Ibu Ketua Umum TP-PKK Pusat, dan kami senang bisa langsung bersama-sama untuk mengadakan kegiatan-kegiatan di Kota Ambon ini, serta terimakasih juga karena ibu beserta dengan rombongan dari Jakarta membawa bantuan kepada kami di Ambon.” ucap Widya.

Perlu diketahu, Adapun tujuan Pelaksanaan Kunker meliputi: Fasilitasi dan sosialisasi penguatan program pkk berdassarkan rencanai induk Gerakan PKK, Pelatihan Teknis, berbagai program terkait dengan program kerja 1, 2, 3 dan 4, berikut pemenuhan prasarananya, dan Pemberian bantuan pemerintah untuk 1000 paket bantuan bagi kelompok masyarakat yang membutuhkan dan memerlukan, beber Widya.

Dikatakan demikian, karena Maluku adalah salah satu provinsi kepulauan yang terdiri dari 9 kabupaten dan 2 kota, dengan jumlah pulau sebanyak 1340 pulau dengan luas wilayah yang didominasi oleh laut yaitu kurang lebih 92,4% dan daratan sekitar 7,6%.

Kondisi ini, lanjut Widya memungkinkan Maluku kaya akan sumber daya alam yang berasal dari laut, dan juga kaya akan pangan local yang terdiri dari sagu dan umbi-umbian, bukan itu saja Maluku juga terkenal sebagai provinsi penghasil rempah-rempah seperti cengkeh dan pala, yang sangat berkualitas tinggi.

Untuk itu, Kami TP- PKK Provinsi Maluku sebagai mitra pemerintah daerah ikut mendukung berbagai program pembangunan seperti, penurunan prefelansi stunting, menurunkan angka kematian ibu dan anak lewat revitalisasi posyandu, dan memerangi buta aksara lewat literasi anak usia sekolah.

Berbagai kegiatan inovatif juga dilakukan oleh TP-PKK kabupaten kota, seperti melakukan revitalisasi kelompok dasa wisma, bursa inovasi desa yang memulai perubahan di desa lewat pkk, dan berbagai inovasi lainnya, jelasnya.

Adanya tuntutan era globalisasi, lanjut Widya , persaingan yang semakin kompetitif, pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang berkembang pesat, mengharuskan kita untuk meningkatkan kontrol pada anak-anak kita dan keluarga, sehingga ancaman salah pergaulan dapat diantisipasi.

Kami berharap dengan Kondisi wilayah geografis maluku membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas, sehingga pelayanan PKK dapat dirasakan hingga di pelosok negeri, kata Widya.

“kami yakin dan percaya tp-pkk provinsi maluku dan kabupaten/kota tidak berjuang sendiri, dan kedatangan ketua umum tp-pkk pusat dan rombongan akan menjadikan penyemangat dan motivasi bagi kami untuk terus bekerja dan bermitra dengan berbagai komponen masyarakat lainnya, sehingga mampu mempercepat terwujudnya kesejahteraan keluarga di provinsi maluku.

Sementara itu Gubernur Maluku Irjen Pol Purn Drs. Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Maluku, Ir. Sadali IE, M.Si., IPU mengatakan

“Gubernur Maluku mengucapkan selamat datang dan penghargaan yang tinggi kepada ketum yang berkenan berkunjung di kota ambon provinsi maluku, diharapkan kunjungan ini dapat mempererat hubungan silaturahim dan Kerjasama antara tp pkk pusat provinsi dan kabupaten kota, sekaligus sebagai momentum strategi dalam menopang program pembangunan baik pusat maupun daerah khususnya dalam rangka pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.” jelasnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih, lanjut Sadali karena dalam kunjungan hari ini akan menyerahkan sejumlah bantuan social kepada, para lansia, balita, ibu hamil, penyandang disabilitas, dan bantuan mesin pemantapan sabut kelapa, kepada tp pkk kabupaten kota se maluku, bagi upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat di Provinsi Maluku.

Gubernur Maluku, Irjen Pol Purn Drs. Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan oleh Penjabat Sekretaris daerah, Ir. Sadali IE, M.Si., IPU mengatakan Pemerintah Daerah sangat memberikan apresiasi atas Kunjungan Kerja Ketum TP-PKK Pusat di Provinsi Maluku.

Bukan itu saja, lewat Kunker ini dapat mempererat hubungan silaturahim dan Kerjasama atara TP-PKK Pusat , Provinsi serta Kabupaten/Kota sekaligus sebagai momentum strategi dalam menopang program pembangunan baik pusat maupun daerah khususnya dalam rangka pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Dikatakan lagi, ucapan terima kasih dari Pemda dalam kunjungan hari ini akan menyerahkan sejumlah bantuan social kepada, para lansia, balita, ibu hamil, penyandang disabilitas, dan bantuan mesin pemantapan sabut kelapa, kepada tp pkk kabupaten kota se maluku, bagi upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat di Provinsi Maluku.

“Saya berharap kunjungan ketua umum tim penggerak pkk ini, dapat memberikan motivasi kepadda tp pkk provinsi maupun kabupatenkota, untuk bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja tuntas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.” jelas Sadili.

Untuk itu, bersama-sama kita lakukan upaya-upaya pemberdayaan keluarga dan masyarakat khususnya peran perempuan melalui implementasi 10 program pokok pkk bagi kepentingan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.” pinta Sadali.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!