- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Jakarta) – Indonesia kembali memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 26 September setiap tahunnya. Pada tahun ini, Badan Pusat Statistik (BPS) mengangkat tema “Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas”, yang menekankan pentingnya data statistik dalam mewujudkan visi besar Indonesia pada tahun 2045, yaitu sebagai negara yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan.

Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, menegaskan bahwa data berkualitas adalah kunci untuk mendukung setiap kebijakan pembangunan nasional. “Untuk mewujudkan Indonesia Emas, penting bagi kita untuk mengandalkan statistik berkualitas dan data sektoral yang akurat dalam mendukung kebijakan dan perencanaan. Mari tingkatkan kualitas statistik di setiap lini demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa,” ujarnya dalam sambutan HSN 2024.

Menurut Amalia, data statistik tidak hanya bersumber dari BPS, tetapi juga dari kementerian dan lembaga lainnya yang bertugas menghasilkan statistik sektoral. Statistik ini digunakan untuk mendukung perencanaan kebijakan di bidang tertentu sesuai tugas dan fungsi setiap instansi pemerintah, sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik.

Sejak awal tahun 2024, BPS mulai melakukan pembinaan statistik sektoral kepada kementerian dan lembaga, sebagai bagian dari amanat Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Pembinaan ini merupakan kelanjutan dari Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang dilakukan BPS untuk memastikan setiap instansi mampu menyelenggarakan statistik dengan baik.

ads

BPS berharap, dengan data yang akurat dan statistik yang berkualitas, pengambilan keputusan dalam pembuatan kebijakan akan lebih terarah dan tepat sasaran. Hal ini sangat penting, terutama dalam menghadapi tantangan pembangunan menuju Indonesia Emas 2045.

Menuju Indonesia Emas 2045

Indonesia Emas 2045 adalah visi besar bangsa untuk mewujudkan negara yang berdaulat, berdaya saing tinggi, dan sejahtera. Untuk mencapai hal ini, data statistik yang akurat menjadi landasan bagi pengambilan keputusan yang tepat dan efisien. Statistik sektoral yang dihasilkan kementerian/lembaga, bersama statistik nasional dari BPS, akan menjadi pilar penting dalam mendukung kebijakan strategis di berbagai sektor, mulai dari ekonomi, pendidikan, kesehatan, hingga infrastruktur.

Peringatan Hari Statistik Nasional 2024 diharapkan dapat menjadi momentum untuk mendorong semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat, untuk bersama-sama meningkatkan kualitas data statistik demi Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Selamat Hari Statistik Nasional 2024!

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!