- iklan atas berita -

Metro Times (Kulon Progo) Sebuah kapal nelayan dari Kabupaten Lebak, Banten kehabisan bahan bakar minyak (BBM) di Perairan Karangwuni Kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dua anak buah kapal (ABK) dilaporkan hilang saat berupaya menyelamatkan diri.

Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan/Basarnas Yogyakarta Kamal Riswandi mengatakan peristiwa tersebut terjadi Rabu (13/3/2024). Malam itu petugas siaga Pos Basarnas Kulonprogo menerima laporan dari Sar Satlinmas Glagah terkait peristiwa tersebut.

“Kronologi yang kami terima pada hari Rabu 13 Maret 2024 pukul 19.00 WIB Kapal Nelayan KM. Mugi Jaya mengalami kehabisan BBM di perairan Pantai Karangwuni, Wates, Kab. Kulonprogo. Kemudian 4 empat orang ABK mencoba berenang ke daratan,” kata Kamal.

Dalam upaya tersebut, dua orang berhasil selamat, masing-masing atas nama Rasita dan Acil. Setelah berhasil ke daratan keduanya lalu dibawa ke RS.Riskyamalia Temon, Kulonprogo. Sedangkan 2 orang lainya belum berhasil tiba di daratan. Keduanya atas nama Arba dan Anggi yang hingga saat ini masih dalam pencarian.

Kamal menyebut, kapal nelayan yang kehabisan BBM tersebut sempat terdampar namun sekarang sudah dievakuasi ke sebelah barat pemecah ombak Pantai Glagah.

ads

“Untuk upaya pencarian, tadi malam kami melakukan pemantauan di sekitar Pantai Glagah hingga pukul 22.00 WIB. Namun karena dilokasi sangat minim penerangan akhirnya diputuskan untuk pencarian 2 ABK nelayan malam itu dihentikan sementara,” ujarnya.

Selanjutnya pada hari ini Kamis,(14/3/2024) upaya pencarian kembali dilakukan oleh Tim SAR Gabungan. Operasi SAR di hari ke 2 ini tim gabungan dibagi menjadi 4 SRU. SRU 1 bergerak melakukan penyisiran darat dari LKP ke arah timur sejauh +/- 2km.

SRU 2 Pergerakan SRU melakukan penyisiran darat dari pemecah ombak pantai glagah ke arah barat sejauh +/- 2km. SRU 3 Pergerakan SRU dg menggunakan drone thermal dari LKP ke arah barat dan timur sejauh +/- 2km

“Selanjutnya untuk SRU 4 bergerak menggunakan perahu jukung dri LKP ke arah barat dan timur sejauh +/- 3km,” katanya seraya menambahkan, secara keseluruhan ada 50 personel SAR yang terlibat dalam pencarian ini.

Daftar ABK KM Mugi Jaya

Dua korban yang masih dalam pencarian atas nama Arba, laki-laki berusia 57 Thn. Dia merupakan warga Desa/Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Kedua atas nama Anggi, seorang laki-laki dan usia belum diketahui. Dia merupakan warga Desa/Kec. Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten.

Sedangkan untuk ke 2 ABK yang berhasil selamat atas nama Rasita, seorang pria warga Desa/Kec. Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten dan Acil anak laki-laki warga Desa/Kec. Wanasalam, Lebak, Banten. Kondisinya dilaporkan membaik setelah mendapat perawatan di Rumah Sakit Rizki Amalia Temon, Kulonprogo.(rls/dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!