- iklan atas berita -

 

 

Metro Times (Surabaya) – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat melaksanakan Inspeksi ke simulator Eloktonik Proses Pengambilan Keputusan Militer (E-PPKM) dan Naval Operation Plane Role (NOPR) yang berada dibawah Pusat Latihan Elektronika dan Kendali Senjata (Puslatlekdalsen) Kodiklatal.

Dalam melaksanakan Inspeksi tersebut Komandan Kodiklatal diterima langsung Komandan Puslatlekdalsen Kodiklatal Kolonel laut (P) Syufenri, S.Sos., M.Si dan pejabat utama Puslatlekdalsen diantaranya Wadan Puslatlekdalsen Letkol Laut (P) Tio Togap Pasaribu, S.T dan para Kepala Departemen (Kadep) dilingkungan Puslatlekdalsen.

ads

Selain Komandan Kodiklatal turut dalam inspeksi tersebut pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Direktur Pengkajian dan Pengembangan (Dirjianbang) Laksma TNI I Wayan Suarjaya, S.Sos dan Direktur Doktrin Kodiklatal Laksma TNI Antongan Simatupang.

Dalam Kunjungannya Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat menyampaikan bahwa simulator E- PPKM dan NOPR merupakan rangkaian simulator yang digunakan dalam pelaksaan berbagai latihan TNI Angkatan Laut salah satunya latihan puncak TNI AL Armada Jaya dengan berbasis Teknologi komputer.

Kepada para pengawak (E-PPKM) dan NOPR Komandan Kodiklatal berpesan agar selalu merawat keberadaan simulator tersebut. Menurutnya selain digunakan para prajurit antap yang berasal dari berbagai Kotama TNI AL, simulator tersebut juga digunakan oleh para siswa yang sedang menempuh pendidikan di Kodiklatal.

Komandan Kodiklatal berharap agar Simulator E-PPKM ini tidak hanya digunakan siswa korps pelaut aja, tapi juga bisa digunakan siswa korps lainya diantaranya Korps Teknik karena ke depan dalam latihan maupun dalam tugas akan menjabat Asisten Logistrik begitu juga bagi siswa Pusdikintel yang kedepan akan menjadi menjabat Asisten Intelijen .

Lebih lanjut disampaikan dengan adanya simulator ini akan terpelihara kemampuan unsur Pimpinan dan Staf Komando Tugas Gabungan dalam Penggunaan sistem Elektronik Proses Pengambilan Keputusan Militer (e-PPKM) pada Pelaksanaan Operasi Gabungan TNI, terciptanya kesamaan persepsi pemahaman dalam tata cara mekanisme Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada Operasi Gabungan TNI. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!