- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya)  — Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, melantik 797 siswa program Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AL Angkatan ke-53 TA 2022 menjadi Sersan Dua (Serda). Pelantikan dihelat di Lapangan Kawah Candradimuka Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Juanda Sidoarjo, pada Rabu (24/8/2022).

Resmi menyandang pangkat Sersan Dua, selanjutnya para siswa akan menempuh pendidikan dasar golongan lanjutan sesuai kejuruan korps masing-masing di tiga Komando Pendidikan (Kodik) jajaran Kodiklatal antara lain Kodikopsla yang berlokasi di Ujung mendidik Korps Bahari, Navigasi, Komunikasi, Senjata Atas Air (SAA), Senjata Bawah Air (SBA), dan Mesin Pesawat Udara (MPU) serta Listrik Pesawat Udara (LPU) di Senerbal, Juanda.

Berikutnya Kodikdukum yang berlokasi di Bumimoro akan mendidik siswa Korps Teknik, Suplai, Elektro, Kesehatan dan Korps Polisi Militer. Sedangkan Kodikmar yang berlokasi di Gunungsari mendidik siswa Korps Marinir.

Sementara itu, dalam amanatnya Dankodiklatal menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para siswa menyelesaikan pendidikan dasar golongan selama dua bulan dengan baik, aman dan lancar, sehingga mereka dapat mengikuti pelantikan menjadi bintara TNI AL dengan pangkat Sersan Dua.

ads

Lebih lanjut Dankodiklatal mengungkapkan bahwa tantangan tugas TNI AL ke depan semakin kompleks dan bersifat multidimensi yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan respon dari satuan operasional. TNI AL saat ini fokus pada upaya pemenuhan kebutuhan personel, dan upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai pengawak organisasi TNI AL. Upaya Peningkatan SDM di Kodiklatal merupakan bentuk implementasi program prioritas Kepala Staf Angkatan laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

“Untuk itu, Kodiklatal memiliki tanggung jawab yang besar terhadap peningkatan kualitas hasil didik yang memiliki kompetensi, dan siap melaksanakan setiap penugasan sebagai prajurit matra laut yang tangguh, bermoral, profesional dan berkarakter,” terang orang nomor satu di jajaran Kodiklatal ini.

Dankodiklatal lantas menegaskan kepada seluruh siswa Diktukba Angkatan ke-53 Tahun 2022 agar menghindari pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri dan keluarga, kemudian patuhi setiap atura di lembaga pendidikan atau di pusdik masing-masing karena setiap pelanggaran akan mendapatkan sanksi yang dapat menyebabkan para siswa tidak lulus.

Hadir dalam pelantikan tersebut para pejabat utama Kodiklatal, diantaranya, Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, Inspektur Kodiklatal, Kapokgadik, para Direktur Kodiklatal, Kadispsial, Wadan Puspenerbal, para Komandan Kodik dan para Komandan Puslat dijajaran Kodiklatal. Selesai upacara dilanjutkan atraksi Bela Diri Militer, Pencak Silat, Pemecahan Bata sebanyak 53 buah,juga Besi, Beton, dan Balok Es. Acara diakhiri dengan joged bersama diiringi lagu Satriyo Samudro, dan ramah Tamah. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!