- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku yang juga selaku Penjabat Ketua Pembina Posyandu Provinsi Maluku Nita Sadali, mengukuhkan Ketua Pembina dan Penjabat Ketua Pembina Posyandu Kabupaten/Kota se-Maluku, pada Jumat (5/7/2024), berpusat di Aula Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku.

Hadir juga pada kesempatan itu Penjabat Gubernur Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU, Para Bupati Walikota se-Maluku, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Pimpinan Organisasi Wanita Provinsi Maluku, serta para undangan.

Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku Sadali, selaku Penasehat Tim Pembina Posyandu, dirinya menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pengukuhan Ketua Pembina Posyandu ini, dalam rangka mengoptimalkan tugas dan tanggung jawab wadah Posyandu kedepan.

“Keberadaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) adalah garfa terdepan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia sejak dini melalui layanan sosial dasar kepada masyarakat, peningkatan status gizi masyarakat, keluarga berencana dan pelayanan dasar sosial lainnya” terangnya.

Ia menegaskan Posyandu harus fokus pada pelayanan kesehatan ibu dan anak, termasuk imunisasi, penimbangan berat badan balita, pemberian vitamin dan penyuluhan kesehatan.

ads

“Bahwa derajat kesehatan masyarakat akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan dalam peningkatan status gizi masyarakat terutama ibu dan anak,” tambahnya.

Untuk itu dirinya berharap agar ketua pembina posyandu kabupaten/kota dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya dan dapat memberdayakan masyarakat (kader Posyandu) dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya dalam percepatan penurunan stunting dan angka kematian bayi dan ibu melahirkan.

“Kepada OPD terkait diharapkan dapat mengintervensi pelaksanaan kegiatan posyandu, memberikan bimbingan dan dapat memfasilitasi setiap pelaksanaan Pokjanal posyandu di daerah ini,” tegasnya.

Dirinya yakin dan percaya, dengan kerja keras, ibu-ibu sekalian, Posyandu di Kabupaten/Kota akan semakin maju dan berkembang, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi ibudan anak di wilayahnya.

“Mari kita gerakkan masyarakat untuk meningkatkan kunjungan ke posyandu, agar masyarakat kita semakin sehat, cerdas dan berkualitas,” tutupnya.

Di tempat yang sama Ketua Pembina Posyandu Provinsi Maluku Nita Sadali, mengucapkan selamat kepada ibu-ibu yang telah dikukuhkan sebagai Ketua Pembina Posyandu Kabupaten Kota.

“Semoga amanah yang diemban dapat dilaksanakan dengan penuh dedikasi dan tanggungjawab,” harap Nita.

Sejalan dengan mendukung program pemerintah lewat posyandu, Nita mengatakan, sebagai lembaga kemasyarakatan desa, sangat diharapkan berpartisipasi dalam kerjasama serta tindakan nyata dari ibu-ibu selaku Ketua Pembina Posyandu Kabupaten Kota, agar tidak menjadikan posyandu hanya sebagai pos pelayanan kesehatan tetapi juga harus mencakup pelayanan minimal antara lain di bidang pendidikan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, ketentraman, ketertiban umum, perlindungan masyarakat dan sosial.

“Untuk mengoptimalkan program PKK dan pelayanan posyandu perlu mengambil langkah-langkah yang terencana secara visional, inovatif dan inklusif, dalam peningkatan kinerja, serta sumber daya manusia kader PKK dan Posyandu, guna melaksanakn program prioritas Pemerintah seperti upaya penurunan angka stunting dan penanggulangan pelayanan sosial dasar,” ungkapnya.

Pengukuhan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Penjabat Ketua Pembina Posyandu Provinsi Maluku Nomor 03/KEP/Posyandu.Promal/VII/2024 dan Nomor 04/KEP/Posyandu.Promal/VII/2024.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!