- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Kementerian Dalam Negeri mencatat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terbaik ketiga tingkat Nasional. Pada Jumat pekan lalu perusahaan ini menerima penghargaan BUMD Awards 2023 yang diselenggarakan Kemendagri.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Perwitasari, Hermawan Wahyu mengemukakan penghargaan ini bukan kali pertama bagi BUMD yang dipimpinya. Penghargaan serupa telah diterima pada April lalu yang diperoleh dari Majalah Top Business dan Institut Otonomi Daerah.

“Untuk kali ini kami memperoleh penghargaan dalam program penghargaan yang dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri. Ada beberapa pihak yang terlibat dalam penilaian diantaranya, BPKP, , akademisi, Media massa yakni Tempo, CNN serta Kompas,” sebut Hermawan.

Ia mengutarakan, ada beberapa kriteria penilaian dalam penghargaan ini meliputi penigkatan pelayanan publik, upaya pengendalian inflasi serta pertumbuhan ekonomi. Kriteria lain dalam penilaian tersebut terkait orientasi profit BUMD dalam menjalankan usaha.

ads

Hermawan mengemukakan bahwa pihaknya akan terus berusaha menjadi BUMD terbaik. Saat ini pelanggan Perumda Air Minum Tirta Perwitasari Purworejo masih berada dibawah 50 ribu. Upaya ekspansi akan dilakukan di seluruh wilayah kecamatan di Purworejo.

“Pada tahun 2024 kami akan masuk di wilayah Kecamatan Butuh dan Grabag. Kami ingin seluruh masyarakat dapat mengakses air bersih agar tidak ada stunting dan miskin ekstrem di Purworejo,” ujarnya.

Kabag Perekonomian Setda Purworejo, Anggit Wahyu Nugroho mengapresiasi kinerja PDAM Purworejo yang terus meningkat. Dia berharap peningkatan terus terjadi setiap tahun.

“BUMD ini hadir dan berdiri di atas dua kaki. Satu sisi harus memberikan pelayanan ke publik pada sisi yang lain dia harus menghasilkan profit serta memberikan dividen bagi pemerintah daerah,” katanya.

Pihaknya akan terus melakukan evaluasi secara rutin dengan memantau laporan secara periodik. Untuk mendukung peningkatan BUMD tersebut, tahun ini Pemkab Purworejo akan kembali menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1 miliar sebagai penyertaan modal.

“Dividen yang diserahkan Perumda Air Bersih Tirta Sari terus meningkat setiap tahun. Kami berharap BUMD yang lain bisa menirunya,” pungkas Anggit.

Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti menyebutkan Perumda Air Minum Tirta Sari layak mendapat penghargaan ini. Dia berharap kinerja Perumda ini terus meningkat terutama pelayanan kepada masyarakat.

“Prestasi ini butuh perjuangan yang tidak mudah, itu tidak gampang. Seluruh karyawan harua kompak membantu direktur menjalankan tugasnya,” sebut Wabup.

Ia menambahkan bahwa tidak banyak BUMD di wilayah Jawa Tengah yang memperoleh penghargaan ini. Yuli berharap penghargaan ini juga dapat memacu semangat perusahaan ini.(Dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!