- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Polri Kembali membuka penerimaan taruna dan taruni Akpol, Bintara sertara Tamtama. Di Kabupaten Purworejo antusiasme pendaftar cukup tinggi.

Kabag SDM Polres Purworejo Kompol Lelono W. Bramantyo, mengatakan pendaftaran Akpol telah dibuka mulai 26 Maret hingga 21 April 2024. Sedangkan pendaftaran Bintara dan Tamtama Polri dibuka mulai 4 April hingga 25 April 2024.

“Dari awal sejak tahap pendaftaran dibuka. pemuda-pemudi di seluruh Indonesia sangat antusias mengikuti pendaftaran Polri, begitu pula di Kabupaten Purworejo,” kata Lelono, Sabtu (27/4).

Di wilayah Polres Purworejo jumlah pendaftar hingga saat ini tercatat sudah mencapai total 197 orang.  Terinci 11 orang masuk melalui jalur Akpol, 170 orang Bintara dan 16  Tamtama. Pendaftaran berlangsung secara online.

“Animo cukup bagus. Karena kita mensosialisasikan ke sejumlah sekolah setingkat SMU, serta sosialisasi ke sejumlah instansi termasuk melalui media sosial,” ujarnya.

ads

Setelah tahap pendaftaran selesai, sepanjutnya tim seleksi akan melaksanakan proses verifikasi atau pemeriksaan administrasi awal di Polres Purworejo. Akpol verifikasi awal telah dilaksanakan pada 16 hingga 18 April 2024. Sedangkan Bintara dan Tamtama proses verifikasi pada tanggal 20 hingga 25 April 2024.

“Pemeriksaan awal administrasi peserta seleksi masuk anggota Polri 2024 kami pusatkan di Gedung Auditorium Polres Purworejo. Tahapan ini melibatkan Dinas Pendidikan dan Olah raga (Disdikpora) Kebumen, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)” jelas

Ia menambahkan, pelibatan pihak eksternal untuk mengetahui keabsahan administrasi lebih lanjut. Instansi tersebut diyakini mengetahui persis keaslian berkas yang diajukan peserta.

Menurutnya, para peserta yang mengikuti seleksi baik dari segi postur maupun administrasi mayoritas bagus dan memenuhi syarat. Adapun verifikasi dan pemeriksaan administrasi awal meliputi, ijazah, Akte Kelahiran, KTP, postur tubuh, berat badan maupun tinggi badan.

“Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kelengkapan serta persyaratan awal seleksi di tingkat Polres,” terang Lelono.

Hingga akhir batas waktu proses verifikasi, dari 197 pendaftaran yang dinyatakan lolos sebanyak 166 pendaftar.

Pendaftaran yang dinyatakan lolos meliputi 10 orang melalui seleksi Akpol yang terdiri dari sembilan pria dan satu wanita. Berikutnya 143 orang melalui jalur seleksi Bintara yang terdiri dari 119 pria dan 24 wanita serta 13 peserta pria dari jalur seleksi Tamtama.

“Peserta yang dinyatakan lulus, selanjutnya akan mengikuti seleksi lanjutan di Polda Jateng” terang Kabag SDM

Terpisah, Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo berpesan para calon taruna dan taruni Polri ini mempersiapkan diri menghadapi test. Mereka juga diimbau tidak termakan isu-isu yang dapat mengganggu konsentrasi mereka.

“Kami keluarga besar Polres Purworejo mendoakan semoga peserta yang dinyatakan lolos verifikasi dari Kabupaten Purworejo bisa lulus dan lolos sampai tahap akhir,” harap Kapolres. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!