- iklan atas berita -

Kulon Progo- PT Angkasa Pura Indonesia Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) kembali menambah tiga rute baru penerbangan langsung. Sebelumnya yakni pada 29 Agustus lalu rute baru Yogyakarta-Berau telah dibuka.

Tiga rute baru penerbangan langsung tersebut merupakan rute Yogyakarta-Padang, Yogyakarta-Jambi, dan Yogyakarta- Pangkal Pinang. Penerbangan untuk tiga rute tersebut menggunakan maskapai Super Air Jet yakni pesawat jenis Airbus A320-200 dengan kapasitas 180 kursi kelas ekonomi.

“Penumpang yang menggunakan rute ini akan mendapat pengalaman perjalanan yang lebih menarik. Ini juga untuk mendukung pengembangan perekonomian lokal di Sumatera, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Jawa Tengah,” kata Ari Azhari, Direktur Utama/Chief Executive Officer Super Air Jet

Ia meyakini semakin banyaknya akses transportasi, penumpang dapat turut berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi setempat.

ads

PJ. Bupati Kulon Progo, Srie Nurkyatsiwi menyambut baik rute baru yang disiapkan untuk Bandara YIA. Ia berharap rute baru ini berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Kulonprogo.

“Kami turut berbangga, karena masyarakat akan dapat melihat dan semakin mengenali betapa istimewanya Daerah Istimewa Yogyakarta terutama Kabupaten Kulon Progo. Jadi kami di Kulon Progo memiliki gerakan yang bernama Sambanggo yaitu Sambang Kulon Progo atau ajakan kepada para wisatawan untuk dapat mengunjungi dan menikmati berbagai obyek wisata
yang ada di Kulon Progo. Kami memiliki banyak sekali potensi yang luar biasa,”imbuhnya.

Rute baru penerbangan langsung perdana Yogyakarta-Padang (YIA-PDG-YIA) beroperasi efektif mulai tanggal 10 September 2024 setiap hari Selasa dan Kamis, berangkat dari Yogyakarta pukul 08.00 WIB dan berangkat kembali dari Padang menuju Yogyakarta pada pukul 17.00 WIB.

Penerbangan rute baru perdana Yogyakarta-Jambi (YIA-DJB-YIA) dan Yogyakarta-Pangkal Pinang (YIA-PGK-YIA) sendiri mulai beroperasi efektif tanggal 13 September 2024, setiap hari Jumat dan Minggu. Di mana penerbangan dari Yogyakarta ke Jambi berangkat pukul 20.30 WIB dan kembali lagi ke Yogyakarta dari Jambi pada pukul 13.00 WIB.

Sedangkan penerbangan langsung Yogyakarta ke Pangkal Pinang berangkat pada pukul 15.30 WIB dan kembali ke Yogyakarta dari Pangkal Pinang pada pukul 08.20 WIB.

General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Ruly Artha optimis minat perjalanan masyarakat dapat meningkat dengan adanya tiga rute baru penerbangan langsung melalui YIA.

“Setelah sebelumnya pada bulan Agustus, YIA menambahkan rute baru Berau sebagai rute ke-14 penerbangan domestik, kini kami bersama dengan Super Air Jet menambahkan tiga rute baru penerbangan langsung domestik,” katanya.

Saat ini YIA memiliki 17 rute penerbangan domestik yang dilengkapi dengan dua rute penerbangan internasional yaitu ke Singapura dan Malaysia. Pihaknya menyambut baik pembukaan rute baru ini dan ia yakin hal itu dapat menyumbang pertumbuhan wisatawan dan pengembangan pariwisata Indonesia, khususnya di DIY dan sekitarnya, serta wilayah Sumatera.

“Kami akan terus mengupayakan kolaborasi dan juga terbuka dengan inisiasi maskapai untuk mewujudkan potensi alternatif penerbangan dan juga rute-rute baru lainnya. Tentunya ini kami upayakan sebagai wujud komitmen kami dalam melayani sepenuh hati untuk memberikan pengalaman perjalanan yang bermakna bagi pengguna jasa YIA,”terang Ruly Artha.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!