- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Kabupaten Purworejo mencanangkan bulan Maret sebagai Bulan WR Soepratman dan Bulan Indonesia Raya. Pencanangan dilakukan oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian SE MM, dalam acara Hari Musik Nasional Tahun 2022 bertajuk Tribute to WR Soepratman di Pendopo Kabupaten Purworejo, Rabu (09/03/2022) malam.

Dalam acara tersebut Bupati juga menyerahkan penghargaan kepada para pemenang Lomba Cipta Mars Purworejo. Juara 1 Leonardo diraih Agus Wahyudi Minarko dari Jogjakarta dan berhak mendapat hadiah sebesar Rp20 juta. Kemudian Juara kedua Dwi Suryanto dan Juara ketiga diraih oleh pasangan Amalia Putri Puspitasari dan Qantaza Rian Ardito dengan hadiah masing-masing Rp2 juta.

Ada pula penyerahan penghargaan Kampung Cantik, Penerbitan Kartu Pos dan Perangko Edisi Khusus WR Soepratman, serta penampilan sejumlah musisi dan seniman Purworejo.

Acara dihadiri jajaran Forkopimda, Sekda Drs Said Romadhon, para Asisten Sekda, para Kepala Perangkat Daerah terkait, Camat Kaligesing, Kepala Kantor Pos Cabang Purworejo, perwakilan seniman, jurnalis, dan unsur terkait lainnya.

Bupati Agus Bastian dalam sambutannya mengapresiasi semua pihak karena telah turut serta memeriahkan peringatan Hari Musik Nasional. Disebutkan, Lomba Cipta Mars Purworejo diikuti 67 peserta dari berbagai daerah. Setelah melalui seleksi ketat oleh dewan juri yang terdiri pakar dan akedemisi bidang musik, akhirnya terpilih satu Mars Purworejo yang dinilai terbaik.

ads

“Saya meminta nantinya Mars Purworejo dapat dihafalkan oleh seluruh masyarakat Purworejo, sebagaimana kita hafal lagu Indonesia Raya dan dikumandangkan pada setiap acara resmi setelah Lagu Indonesia Raya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinporapar Purworejo, Stephanus Aan Isa Nugraha SSTP MSi, dalam laporannya menyebut kegiatan bertujuan untuk menggali dan memperkuat gaung ke-Indonesiaan. Selain itu juga untuk menjaga keberagaman, merajut kebhinekaan dan merawat kebangsaan.

“Pahlawan itu di Indonesia banyak, pejuang di Indonesia lebih banyak. Namun, pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya hanya satu yaitu WR Soepratman yang berasal dari Purworejo,” sebutnya.

Karena itulah, Pemkab Purworejo memilih tema Tribute to WR Soepratman yang bermakna penghargaan yang setinggi-tingginya kepada WR Soepratman.

“Malam ini awal yang baik pula untuk Purworejo dengan adanya pencanangan Bulan Maret sebagai Bulan WR Soepratman dan Bulan Indonesia Raya. Mudah-mudahan langkah kecil Purworejo malam ini menjadi penyemangat masyarakat di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya, peringatan Hari Lahir WR Soepratman kegiatan tahun ini relatif sederhana mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19. Tribute to WR Soepratman akan berlangsung dengan sejumlah rangkaian kegiatan yang didukung oleh Beberapa komunitas hingga tanggal 19 Maret 2022.

“Malam ini bisa dilihat, keterlibatan dari teman-teman komunitas dan masyarakat sangat luar biasa. Kami juga menjaring aspirasi demi perbaikan acara peringatan Hari Lahir WR Soepratman pada tahun-tahun berikutnya,” ungkap Aan.

Lebih lanjut Aan melaporkan bahwa pada acara ini juga diumumkan juara lomba Kampung Cantik. Juara 1 diraih Desa Pandanrejo Kaligesing, Juara 2 Desa Dlisenkulon Pituruh, dan Juara 3 Desa Ganggeng Purworejo. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!