- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pemerintah Kabupaten Purworejo telah menyiapkan serangkaian kegiatan untuk menyambut hari ulang tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79.

Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Purworejo, Andang Nugraha mengutarakan tahapan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI di Purworejo saat ini telah dimulai. Sejak Juni lalu panitia telah terbentuk dan masing-masing telah bekerja demi kesuksesan perayaan itu.

“Bupati juga sudah mengeluarkan surat edaran ke stiap instansi terkait tema bahwa tema HUT RI tahun ini adalah Nusantara Baru Indonesia Maju. Dalam edaran itu juga memuat imbauan diantaranya agar setiap instansi termasuk pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa untuk menyelenggarakan kegiatan guna semarakan HUT RI,” sebut Andang.

Untuk tingkat kabupaten, perayaan HUT Proklamasi akan dimulai dengan kegiatan anjangsana ke kediaman para pejuang. Kegiatan itu diagendakan selama dua hari yakni 6 dan 7 Agustus 2024.

Selanjutnya pada Kamis 15 Agustus Bupati Purworejo, Yuli Hastuti akan mengukuhkan pasukan pengibar bendera saka (Paskibraka). Pada 16 Agustus akan ada kegiatan di DPRD Purworejo yakni mendengarkan pidato kenegaraan dalam rapat pleno terbuka DPR RI. Pada hari yang sama akan ada malam tasyakuran di Pendopo Agung serta apel renungan suci di Taman Makam Pahlawan Projo Handoko Loyo.

ads

17 Agustus merupakan puncak perayaan yang akan diisi dengan kegiatan sakral yakni upacara bendera dan peringatan detik-detik proklamasi di Alun-alun besar Purworejo. Lalu sorenya dilaksanakan upacara penurunan bendera.

“Resepsi kenegaraan akan dilaksanakan pada 20 Agustus. Di selenggarakan di Pendopo Agung dan melibatkan seluruh instansi,” ucap Nugraha.

Andang mengutarakan, saat peringatan detik-detik proklamasi masyarakat diimbau untuk sejenak menghentikan seluruh aktivitas.

Pada HUT Proklamasi tahun ini, Pemkab Purworejo pun kembali menggelar kegiatan karnaval. Karnaval untuk TK dan Paud akan dilaksanakan pada 23 Agustus dan SMP serta SD akan dilaksanakan pada 24 Agustus.

“Untuk karnaval SLTA, instansi dan umum akan dilaksanakan pada 31 Agustus,” imbuhnya.

Selain pemerintah kabupaten, lanjut Andang, pemerintah kecamatan pun masing-masing akan melaksanakan berbagai kegiatan. Ia mengajak HUT Proklamasi ini dilaksanakan secara hikmat serta diisi dengan kegiatan-kegiatan positif.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!