- iklan atas berita -

Metro Times (Kebumen) Satuan Polisi Militer Subdenpom Purworejo dipimpin Kapten Cpm Rusmanaji Dansubdenpom IV/2-2 Purworejo melaksanakan Gaktib dalam Satuan dengan sasaran pemeriksaan surat-surat nyata diri Prajurit serta kelengkapan surat kendaraan Dinas atau Pribadi, Senin (2/3). Giat itu dilakukan dalam rangka giat Operasi Gaktib Polisi Militer “WASPADA WIRA KERIS” TA 2020 di Markas Kodim 0709/Kebumen.

Diketahui, pada hari Jumat tanggal 14 Februari 2020 telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Gaktib dan Yustisi Polisi Militer TA 2020 di seluruh Kotama, termasuk di Kodam IV/Diponegoro yang dibuka oleh Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa S.E., MM (Kasdam IV/Diponegoro) di lapangan Mapomdam IV/Diponegoro. Sosialiasi dan Gaktib dalam Satuan dengan sasaran kelengkapan surat surat Nyata diri Prajurit dan kelengkapan kendaraan baik Pribadi/Dinas menjadi salah satu arahan dalam tersebut.

Kapten Cpm Rusmanaji, menjelaskan bahwa pelaksanaan Gaktib dalam satuan ini hanya bersifat preventif atau pencegahan. Tidak ada penilangan dan mengedepankan Provos Satuan untuk melaksanakan pemeriksaan. Bagi Prajurit yang kedapatan tidak lengkap dicatat dan akan segera ditindaklanjuti dengan diberikan batas waktu untuk melengkapi, mengingat untuk 2 Minggu ke depan Polisi Militer Subdenpom IV/2-2 Purworejo akan mengadakan Gaktib di luar Markas.

“Apabila ada Prajurit yang kedapatan melanggar akan langsung ditilang selanjutnya diajukan ke Odmil untuk disidangkan dengan membayar enda,” jelasnya.

ads

Sesuai dengan Undang Undang RI nomor 25 tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Militer Pasal 55 Terhadap suatu Pelanggaran pidana yang hanya diancam dengan pidana denda dan telah dibayar maksimum dendanya, terhadap tersangka tidak dijatuhi Hukuman Disiplin Prajurit.
Pihaknya menghimbau kepada seluruh anggota Personel Kodim 0709/Kebumen, apabila Polisi Militer melaksanakan kegiatan Pos Gak/Rik Lalin anggota tidak usah takut dan kabur.

“Hadapi saja kami jangan sampai karena kabur terus terjadi kecelakaan yang dapat mengakibatkan kerugian Personel,” tegasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!