- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Purworejo dipuncaki dengan acara Resepsi di Pendopo Hotel Ganesha Purworejo,  Kamis (9/2). Tidak hanya menguatkan soliditas para wartawan yang tergabung dalam Pewarta Purworejo, acara tersebut sekaligus menjadi momentum menyatakan komitmen untuk turut mengawal kondusivitas pada tahun politik.

Selain dihadiri puluhan wartawan dari berbagai media, sejumlah pejabat tampak mengikuti acara sejak siang hingga sore. Beberapa di antaranya yakni Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH mewakili Bupati Purworejo, Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi, jajaran Forkopimda, Sekda Said Romadhon, sejumlah anggota DPRD, serta para kepala perangkat daerah, pimpinan Perumda, dan badan usaha yang menjadi mitra Pewarta Purworejo. Sementara pihak Badan Otorita Borobudur (BOB) yang menjadi sponsor utama kegiatan HPN hadir diwakili Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik, Ramlan Kamarullah.

Resepsi berlangsung khidmat ditandai dengan pemotongan tumpeng HPN oleh Wakil Bupati Yuli Hastuti dan dirangkai dengan sejumlah acara pendukung. Wabup bersama Ketua DPRD juga berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada para juara Turnamen Tenis Meja HPN 2023. Sementara untuk meriahkan suasana, tim tari SMP Negeri 2 Purworejo tampil mengusung “Tari Pring” yang pernah meraih Medali Emas FLS2N Tingkat Nasional Tahun 2022.

Ketua Pewarta Purworejo, Jarot Sarwosambodo, menyebut peran pers sangat krusial dalam pesta demokrasi atau pemilihan umum (Pemilu) 2024. Kondisi sosial masyarakat dalam tahun-tahun politik akan sangat dipengaruhi oleh pemberitaan yang beredar di masyarakat. Karena itulah, pihaknya mengajak kepada para wartawan dari berbagai media untuk berkomitmen mengawal kondusivitas Pemilu.

ads

“Apakah rekan-rekan siap untuk mengawal tahun politik? Siap untuk melawan Hoaks?” Tanya Jarot disambut kesiapan seluruh wartawan yang hadir.

Menurut Jarot, masifnya media sosial saat ini membuat informasi yang beredar di masyarakat sangat liar. Bahkan, tidak sedikit informasi yang beredar itu merupakan berita bohong atau hoax.

“Jika hoaks tersebut tidak diluruskan, maka hal itu akan membuat gaduh di masyarakat, bahkan bisa membuat perpecahan di tengah-tengah masyarakat. Maka di sinilah peran pers yang sebenarnya, untuk bisa meluruskan informasi-informasi hoax tersebut,” tegasnya.

Sejumlah pejabat yang hadir dalam resepsi HPN ini juga menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen para wartawan tersebut.

Wabup Yuli Hastuti dalam sambutannya mengungkapkan bahwa informasi yang beredar pada era digital saat ini sangat beragam. Apalagi dengan adanya media sosial yang membuat informasi lebih cepat tersebar.

“Setiap saat ada yang objektif, ada yang faktual, tapi ada juga berita bohong, membuat kegaduhan dan mengancam persatuan bangsa. Kita harus yakin kondisi saat ini akan mematangkan kita, pers harus mampu meluruskan kekeruhan yang ada di media sosial. Harapannya pers mampu berkontribusi dalam persatuan bangsa dewasa ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HPN, Yudia Setiandini menjelaskan bahwa Resepsi merupakan puncak dari rangkaian kegiatan HPN Tahun 2023 tingkat Kabupaten Purworejo yang diselenggarakan oleh Pewarta Purworejo. Rangkaian kegiatan diawali dengan Bakti Sosial Tebar Benih Ikan, penyaluran bantuan, olahraga futsal bersama mitra Pewarta, Turnamen Tenis Meja, serta anjangsana dan ziarah ziarah kubur ke makam para wartawan yang telah mendahului.

Menurutnya, HPN Tahun 2023 ini mengangkat tema “Bersama Pewarta Purworejo Wujudkan Pers yang Independen dan Konsisten”. Pemilihan tema tersebut merupakan sebuah semangat sekaligus harapan bagi insan pers di Kabupaten Purworejo agar semakin profesional, independen, dan konsisten dengan penerapan kode etik jurnalistik yang menjadi pegangan dalam bekerja.

“Sehingga dapat menjalankan tugas-tugas kewartawanan dengan baik, serta menghasilkan karya-karya jurnalistik yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!