- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Masohi ) Luapan Kali Tunusei Desa Wolu Kecamatan Telutih Maluku Tengah mengakibatkan Sekolah Dasar Inpres 288 Desa tersebut terancam, selasa, 23 Mei 2023.

Hal tersebut terjadi akibat dari meluapnya Kali Tunusei yg meluap dengan ketinggian Kali tersebut sekitar pukul 03.00 Wit dini hari.

Meluapnya Kali tersebut bukan hanya memberikan dampak keresahan pada Gedung Sekolah Dasar Inpres 288, namun penduduk setempat pun terancam pada pengukuran bibir atau tepi kali Kali yg dapat mengancam lingkungan warga setempat, yg mana pengikisan tepi Kali hampir kurang lebih 2 meter tepi Kali.

Dengan adanya Luapan Kali tersebut oleh warga yg berada dilangsungkan tersebut sangat mengkhatirkan keselamatan mereka dengan adanya meluapnya Kali tersebut.

Awak Media Metro Times News yg berada di TKP melihat dan menyaksikan scara langsung pengikisan bibir atau dinding tanah kali tersebut akibat meluapnya Kali Tunusei yg berada di Desa Wolu Kecamatan Telutih Maluku Tengah.

ads

Menurut salah satu Pemukiman warga yg jarak rumahnya berdekatan dengan Kali tersebut, bhw kejadian alam seperti ini apabila tidak diatasi secepatnya maka tidak menutup kemungkinan pemukiman warga sekitar akan terancam.

Olehnya itu diharapkan kepada Pemerintah Desa, Pemuda Maluku Tengan dan Pemda Propinsi Maluku secepatnya mengambil langkah awal untuk menangani kejadian alam seperti ini.

Menurutnya bahwa hujan semalam baru seberapa itu sudah berakibat terkikisnya tepi Kali, tp menurut warga tersebut, sangat mengkhawatirkan dua sampai tiga bulan kedepan ketika musim hujan yg oleh Masyarakat Maluku menyebutnya dengan Musim Timur, maka menurutnya pemukiman warga dan Sekalah Dasar Inpres 288 tersebut akan hanyut akibat luapan Kali Tunusei tersebut.

Hal yang sama disampaikan oleh salah satu Dewan Guru yg mengajar pada SD Inpres 288 tersebut sangat berharap pada Pemerintah Daerah setempat agar secepatnya dapat menangani atau menyelamatkan Gedung Sekolah tersebut akibat dari Bencana Alam dalam hal ini meluapnya Kali Tunusei, menurut Guru tersebut bahwa dengan adanya pengikisan tepian Kali yg bermuara hampir 2 meter dari Gedung Sekolah ini maka akan sangat mengganggu ketentraman dan kenyamanan Murid dan Guru dalam proses Belajar Mengajar karna khawatir akan terjadi longsor atau pengikisan tanah pada tepi kali yang jaraknya hanya 2 Meter dari Gedung Sekolah tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!