- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Setelah berproses cukup panjang, SMPN 1 Purworejo akhirnya memiliki peralatan Marching Band lebih memadai. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bantuan peralatan senilai Rp480 juta untuk memotivasi sekolah, khususnya siswa yang tergabung dalam tim Marching Band Gita Bahana Spensa.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud), Wasit Diono SSos, kepada Kepala SMPN 1 Purworejo, Tuwuh Sutrisno SPd MPd, di sekolah setempat pada Selasa (4/7). Peralatan Marching Band yang diserahkan antara lain berupa Marimba (2), Xylophone (2), Vibraphone (2), Cymbal Chinese (5), Cymbal Crash 18 inch (9), Cymbal Splash 10 inch (5), megaphone (2) dan pianika (45).

Wasit Diono mengungkapkan bahwa bantuan yang diserahkan bersumber dari APBD tahun 2023. Pihaknya berpesan, barang yang harganya mahal tersebut dapat dirawat dan digunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan prestasi siswa. Harapannya tahun ini juga mampu menjadi juara dalam kompetisi yang diikuti.

“Targetnya setiap sekolah punya Marching Band. SMPN 1 Purworejo ini sebagai pelopor untuk sekolah lainnya. Harapannya Purworejo punya nama di tingkat regional Jateng maupun nasional, baik dalam Marching Band atau prestasi lain,” ungkapnya.

ads

Kepala SMPN 1 Purworejo Tuwuh Sutrisno, menyebut bantuan peralatan Marching Band tersebut merupakan pemenuhan dari janji Kepala Dindikbud setelah tim Marching Band Gita Bahana Spensa SMPN 1 Purworejo berhasil meraih juara umum dalam Lomba Marching Band tingkat nasional Hamengku Buwono Cup di Yogyakarta tahun lalu.

“Penyerahan disaksikan komite, bapak ibu guru, anggota paguyuban siswa dan tim Marching Band Gita Bahana Spensa. Alhamdulillah setelah dicek oleh checker semua sesuai spek dan langsung dicoba oleh tim Marching Band disaksikan para hadirin,” sebutnya.

Menurutnya, sebelum mendapatkan bantuan peralatan ini, sekolah harus meminjam atau sewa sat hendak latihan atau mengikuti kompetisi. Pihaknya pun berpesan agar peralatan betul-betul dirawat dan dipergunakan sebaik-baiknya. Harapannya adanya peralatan tersebut mampu memotivasi dan meningkatkan disiplin siswa untuk berlatih sehingga mamupu menjadi juara kembali.

“Pada event serupa tahun ini yang akan dilaksanakan 19-20 Oktober mendatang, tim Marching Band Gita Bahana Spensa naik tingkat ke Senior Display. Targetnya juara umum lagi,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!