- iklan atas berita -

Metro Times (KEBUMEN) Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto memberikan hadiah liburan kepada tujuh siswa SMK Ma’arif 5 Gombong. Mereka akan diberangkatkan untuk berlibur dengan pesawat ke Jakarta hanya lantaran berani mengajukan pertanyaan kepada bupati dalam kunjungan di sekolah tersebut, Jumat (20/9).

“Saya benar-benar tidak menyangka, keinginan untuk naik pesawat sebenarnya sudah lama. Alhamdulillah dikabulkan sama Allah melalui Bupati. Saya ucapkan terima kasih untuk beliau, semoga Kebumen dipimpin Pak Bupati yang sekarang sudah maju, bisa tambah maju,” ucap Rohimah salah satu siswa penerima hadiah tersebut.

Hal serupa juga disampaikan siswa Ongky Dwi siswi lainya. Ia mewakili para siswa lain menyampaikan terima kasih kepada Bupati atas kebaikannya memberangkatkan para siswa untuk pergi ke Jakarta menggunakan pesawat. Ia merasa ini baru terjadi di Kebumen.

“Kalau saya dengar-dengar informasi sepertinya belum ada ya Bupati bagi-bagi tiket pesawat gratis ke para siswa atau pelajar. Sepertinya baru ada di Kebumen. dan beliau memang sangat perhatian terhadap dunia pendidikan, banyak beasiswa yang sudah diberikan,” katanya.

Para siswa ini mendapat kesempatan naik gratis karena berani bertanya mengenai pembangunan di Kebumen. Bukan hanya pembangunan infrastruktur seperti jalan, tapi juga pembangunan SDM seperti pemberian beasiswa, KIP. Lalu ada juga yang bertanya mengenai sebab mengapa Kebumen banyak orang miskin.

ads

Bupati Arif mengatakan, dalam program Bupati mengajar dirinya kerap memberi kesempatan kepada para siswa untuk bertanya atau menyampaikan kritik kepada pemerintah. Hal ini untuk mendorong siswa agar memiliki keberanian berbicara di depan publik, sekaligus peka terhadap isu-isu sosial di masyarakat.

“Jadi dialog interaktif ini sekaligus untuk menguji sejauh mana anak-anak sekolah ini paham tentang isu-isu di pemerintahan, termasuk problem-problem sosial di masyarakat. Jadi menggugah nalar kritis mereka. Saya selaku Bupati senang kalau ada anak muda pelajar, berani bertanya soal pemerintahan,” kata Bupati.

Dari pertanyaan yang dilontarkan para pelajar, sebut Bupati, dirinya bisa memberikan jawaban, misalnya mengapa Kebumen dari dulu masih menjadi daerah miskin karena kekayaan hanya dinikmati seglintir orang. Fokus pembangunan infrastruktur, tapi tidak fokus pada pembangunan SDM, dan lainnya.

Beberapa siswa yang sudah pernah mendapat kesempatan naik pesawat gratis dari Bupati yakni, siswa SMAN 1 Mirit, SMAN 1 Buluspesantren, SMAN 1 Karanganyar, Siswa SD di Kecamatan Pejagoan. Kemudian guru penggerak, dan ibu-ibu PKK juga banyak yang mendapat kesempatan serupa.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!