- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Komandan Sekolah Navigasi dan Bahari (Dansenavbah) Pusat Pendidikan Pelaut (Pusdikpel) Kodikopsla Kodiklatal Letkol Laut (P) Royke melepas Latihan Praktek (Lattek) Layar Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI Angkatan Laut Angkatan ke-40 Gelombang 1 Kejuruan Bahari dan Navigasai. Adapun pelepasan tersebut di laksanakan di Lapangan Apel Senavbah Kesatrian Kodikopsla Ujung Surabaya, Jumat, (7/5/2021).

Lattek Layar tersebut diikuti 50 Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan ke-40 Gelombang 1 dengan rincian 15 orang Siswa Dikmaba kejuruan bahari yang akan Lattek menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Katon-810 selama 20 hari dan 53 orang Siswa Dikmaba kejuruan Navigasi yang akan Lattek menggunakan KRI Yos Sudarso-353 selama 30 hari.

Dalam sambutanya Dansenavbah Pusdikpel Letkol Laut (P) Royke menyampaikan bahwa Lattek ini merupakan bentuk aplikasi di lapangan setelah sebelumnya para siswa mendapatkan pelajaran teori di kelas. Selain itu tujuan dari pelaksanaan Lattek ini adalah memberikan pengetahuan kepada siswa tentang tugas-tugas dikapal antara lain dinas jaga laut pada saat kapal berlayar, jaga anjungan dan jaga pengawas atau caraka.

ads

Tujuan lainya adalah untuk pengenalan berbagai peran di kapal diantaranya peran operatif, peran administratif dan peran darurat lainnya, serta memberikan pengetahuan tentang peraturan Dinas Dalam (PDD) KRI, meliputi penaikan dan penurunan bendera, apel pagi, apel siang, apel divisi jaga, parade anjungan ronda malam dan ronda rakit.

Pamen melati dua di pundak ini juga berharap agar para siswa mengikuti lattek berlayar ini dengan sungguh-sungguh, semangat yang tinggi dan berperan aktif dalam setiap kegiatan yang diadakan dan tetap mengutamakan keselamatan para siswa dengan mematuhi protokol COVID-19 dengan memakai masker, sering mencuci tangan dan jaga jarak aman, serta mengatur aktivitas dengan waktu istirahat. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!