Butuh Kerja Keras Untuk Wujudkan Mimpi Agar Kendal Handal

0
411
Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pelaksana Harian (PLH) Bupati Kendal kepada Bupati dan Wakil Bupati Kendal di ruang Paripurna DPRD Kendal, Senin (1/3).
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – Untuk mewujudkan mimpi agar Kabupaten Kendal menjadi handal, perlu kerja keras, semangat, dan pengorbanan dari seluruh lapisan masyarakat, agar semua bisa bersinergi.

Demikian disampaikan Bupati Kendal Dico Ganindutousai  usai Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pelaksana Harian (PLH) Bupati Kendal kepada Bupati dan Wakil Bupati Kendal dan Sertijab Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal masa jabatan tahun 2021-2026, di Gedung Rapat Paripurna DPRD Kendal, Senin (01/03/2021).

Dikatakan Dico, dengan segenap doa dan ikhtiar, serta dengan semangat mengandalkan kekuatan, kekuasaan, dan kepintaran sumber daya manusia, akan mampu meningkatkan kondisi ekonomi, sosial, dan lingkungan di Kendal. Bukan hanya untuk 5 tahun kedepan tetapi hingga masa mendatang.

“Banyak pembenahan yang harus kita lakukan bersama, khususnya di masa pandemi seperti saat ini,” kata Dico.

Menurutnya, di masa pandemi semua harus bersatu padu menjadi garda terdepan dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19. Di masa pandemi semua harus mematuhi protokol kesehatan dan optimis bahwa vaksin aman.

ads

Dirinya yang berada di garda pemerintahan, akan terus berusaha, memproduksi kebijakan-kebijakan terbaik, agar seluruh masyarakat Kendal selalu dalam keadaan sehat walafiat.

Terkait musibah banjir yang beberapa lalu melanda Kendal, lanjutnya, beberapa langkah teknis seperti, perbaikan saluran air, pengerukan sungai dan penghijauan daerah tangkapan air akan dilakukan.

Selain itu, tugas besar yang harus diIakukan bersama adalah shifting mindset atau mengubah pola pikir masyarakat agar cinta terhadap Iingkungannya, yaitu tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan.

“Belum lagi permasalahan infrastruktur, yang menuntut kita untuk bergerak cepat. Kita harus berlari kencang untuk menangani permasalahan infrastruktur. Koordinasi antara daerah, provinsi dan pusat adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi. Sudah bukan saatnya, pergerakan kita dibatasi karena limitasi anggaran. lnilah saat terbaik untuk kita menjadi terampil dan kreatif dalam mencari sumber pendanaan Iain selain mengandalkan APBD,” tambah Dico.

Mengenai masalah pertanian, Dico mengungkapkan, bahwa banyak petani yang belum sejahtera dan kesulitan mendapatkan akses terhadap pupuk, dan iroonis, mengingat potensi pertanian yang ada di Kabupaten Kendal. Keberadaan program-program serta kebijakan yang menyejahterakan petani harus terus kita dorong.

“Jangan malu dan ragu untuk bekerja sama dengan pihak-pihak potensial, dan kolaborasi multisektor serta multiaktor menjadi hal mutlak yang harus dilakukan,” ujarnya.

Bupati Kendal juga menyampaikan visi misi pembangunan Kabupaten Kendal selama 5 tahun ke depan. “Visi dan misi yang kami usung adalah Kendal Handal, Unggul, Makmur, dan Berkeadilan,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan visi tersebut, ia memaparkan bahwa terdapat 5 misi besar yang akan diIaksanakan bersama. Pertama, mewujudkan Kendal sebagai pusat industri dan pariwisata, dengan penguatan Industri Kecil, dan UMKM, juga mendorong berkembangnya ekonomi kreatif.

Kedua, mewujudkan SDM yang siap menghadapi era industri 4.0. Ketiga, mewuiudkan kehidupan bermasyarakat, yang harmonis. Keempat, mewujudkan pembangunan infrastruktur yang mantap, merata dan berkeadilan, dan yang kelima adalah, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, bebas korupsi, dan memberikan ruang luas bagi partisipasi masyarakat.

“Melalui visi-misi inilah yang lnsya-Allah akan kami jadikan pedoman, untuk memimpin Kabupaten Kendal kearah yang Iebih baik,” terang Bupati Dico.

Dalam menjalankan visi dan misinya, Dico Ganinduto bersama Windu Suko Basuki memiliki beberapa fokus yang ingin dikembangkan di Kabupaten Kendal ke depannya.

Fokus-fokus tersebut diantaranya, Dana Dusun 100 sampai 300 juta per Dusun, tunjangan kematian, peningkatan kualitas dan kuantitas UMKM, pengembangan pariwisata Kendal, optimalisasi kawasan industri, dan peningkatan kualitas SDM yang ada di Kendal.

“Selama masa transisi beberapa bulan silam, kami telah berlari cepat untuk memetakan potensi serta permasalahan yang ada di Kabupaten kita tercinta ini. Alhamdulillah, kami juga telah menyusun beberapa program unggulan yang InsyaAllah akan kami kejar dalam waktu dekat,” sebutnya.

Program-program tersebut antara lain, yaitu Pengembangan Sports Tourism dan Digitalisasi UMKM, Revitalisasi Alun-Alun dan RTH, Revitalisasi Pasar Weleri, Mall Pelayanan Publik, Pembenahan lnfrastruktur, Penataan Kawasan Industri, Aktivasi Kartu Tani, Peningkatan Kualitas SDM sebagai generasi 4.0, dan Command Center yang terintegrasi dengan call center untuk memonitor pembangunan dan permasalahan yang ada di Kendal.

Ia meyakini, dengan adanya ragam program unggulan, bisa bersama-sama menciptakan Kabupaten Kendal yang Handal, Unggul, Makmur dan Berkeadilan.

Bupati Dico mengajak semuanya agar bersama-sama, bahu membahu, membangun Kendal tercinta dengan bekerjasama yang baik, keterbukaan serta kepercayaan, antara pemerintah dan masyarakat adalah kunci keberhasilan pembangunan.

Ia juga berpesan, agar masyarakat tidak sungkan untuk memberikan informasi, kritik, dan saran kepada Pemkab Kendal Iewat kanal-kanal yang telah disediakan. Selain itu, juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, baik yang berada di dalam maupun di luar pemerintahan untuk mensukseskan program-program yang ada.(Gus)

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!