- iklan atas berita -

 

Metro Times (Surabaya) – Kepala BNPB, Doni Monardo, selaku Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 meminta pada pasien Covid-19 yang telah sembuh untuk menyumbangkan plasma darahnya. Plasma darah yang disumbangkan akan digunakan sebagai obat bagi pasien positif Covid-19 yang masih dalam perawatan.

“Hari ini sudah ada 654 pasien positif yang telah sembuh dan kami menghimbau pasien positif yang sembuh ini untuk bersedia menyumbangkan plasmanya darah yang diambil dari tubuh melalui sebuah sistem, melaui metode plasma convalescent,” kata Doni Monardo di Gedung Negara Grahadi, Selasa (2/6/2020).

Plasma darah penuh antibodi tersebut kemudian dimasukkan ke darah milik pasien yang sedang sakit Covid-19 sebagai terapi, agar bisa bertahan dan sembuh. Metode terapi plasma convalescent saat ini dinilainya cukup efektif dalam menyembuhkan pasien Covid-19 di sejumlah wilayah di Indonesia.

Oleh sebab itu ia kembali menegaskan agar para pasien yang sembuh dari Covid-19 bisa saling tolong menolong dengan bersedia menyumbangkan plasma darahnya ke Pemprov Jatim. Tujuannya agar bisa membantu pasien yang kondisinya gejala berat dan sangat berat. Terlebih yang memiliki penyakit komorbid.

ads

Doni menyampaikan, saat ini pihaknya bersama Kemenkes juga memberikan plasma convalenscent untuk digunakan pada para pasien Covid-19 di Jawa Timur yang masih dalam perawatan. Total ada sebanyak 21 pack plasma convalescent yang dibawa ke Jatim untuk bisa diberikan pada pasien di Jatim.

“Pada kesempatan ini Menkes secara khusus datang ke Jatim untuk menyerahkan 21 pack plasma convalescent yang nantinya akan diberikan pada beberapa rumah sakit untuk membantu merawat pasien yang sudah dalam kondisi yang berat dan sangat berat,” pungkasnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!