- iklan atas berita -

 

Metro Times (Surabaya) – Pemprov Jawa Timur telah membuka layanan call center 1500 117 untuk masyarakat yang ingin berkonsultasi seputar Corona Virus Disease (Covid19) secara langsung via telepon mulai awal Maret 2020. Tercatat hingga Sabtu, 18 April, tercatat tidak kurang dari 1.014 orang telah memanfaatkan call center tersebut, dengan paling banyak melakulan konsultasi kesehatan akibat kekhawatiran di masa pandemi corona.

“Call center ini dibentuk dan ditempatkan di posko kesehatan Gedung Grahadi untuk membantu masyarakat yang ingin mendapatkan informasi seputar Covid-19 maupun upaya pencegahannya,” ujar Kepala Dinas Kominfo Jatim, Benny Sampirwanto, Sabtu (18/4).

Selain konsultasi, sambung Benny, masyarakat juga memanfaatkan call center ini untuk kepentingan yang lain. Di antaranya, soal permohonan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 10%, informasi tentang Corona 23%, permohonan rapid test 6%, dan informasi permohonan penyemprotan sebesar 2%.

Banyaknya jenis telepon berupa konsultasi kesehatan di call center 1500117, karena di call center tersebut disediakan tenaga medis, baik dokter maupun tenaga medis lain yang siap sedia menerima siapapun yang ingin berkonsultasi seputar kesehatan melalui telepon.

ads

“Call center ini merupakan alternatif pilihan bagi masyarakat yang lebih suka berinteraksi langsung via telepun dengan tenaga medis,” katanya. Alternatif lainnya, menggunakan teknologi berbasis internet melalui akses website: forumcovid19.jatimprov.go.id.

Menurut Benny, para tenaga medis tsb merupakan tenaga kesehatan yang bekerja di beberapa rumah sakit pemerintah di Jawa Timur yang diharapkan bisa berkontribusi langsung di Satgas, untuk menerima berbagai keluhan masyarakat dan memfasilitasi solusinya.

Ditambahkan, selain terkait covid19, call center 1500 117 juga memberikan akses masyarakat terhadap hal-hal terkait kebencanaan di Jatim. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!