- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili, merupakan momen yang penuh kegembiraan dan makna yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kalender budaya kita, memberikan peluang untuk merayakan keharmonisan di tengah keberagaman yang memperkaya bangsa. Tradisi Suku Tiongha, yang kaya akan sejarah dan budaya, terus mempertahankan warisan mereka melalui tradisi-tradisi yang unik.

Perayaan tahun baru Imlek memiliki muatan yang unik, di satu sisi sekedar merayakan pergantian tahun ( 过年 / guònián ), momen bersatunya kembali keluarga besar setelah setahun berpisah karena merantau (reunion), atau di negara dengan 4 musim merayakan datangnya musim semi yang baru ( 春节/ chūnjié ).

Di sisi yang lain selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, bagi Suku Tiongha di Indonesia ada berbagai macam kegiatan yang dilakukan sebelum & sesudahnya Imlek yaitu berkumpul bersama keluarga besar, membersihkan rumah menjelang Imlek, memasang hiasan Imlek, dan lain sebagainya.

ads

Perayaan Imlek, dan kebudayaan festival tradisional lainnya memberikan nuansa sakral dan suka cita yang memperkaya budaya Indonesia. Masyarakat Indonesia dengan hangat menyambut perayaan ini, mengukuhkan persatuan dan perbedaan.

“Sekolah Nation Star Academy (NSA) merayakan tahun baru dengan penuh semangat, membawa kegembiraan dan harapan baru bagi semua,” ucap Kepala Sekolah SMP NSA, Inggriette Liany Widyasari saat ditemui di sela-sela kegiatan. Jumat, (23/2/2024) pagi.

Perayaan tahun baru Imlek kali ini diisi dengan kegiatan lomba foto kontes terbuka untuk umum dengan mengusung tema “Celebrating Chinese New Year With Love”, dan juga lomba membuat kepala barongsai dari barang bekas, lomba membuat pohon angpao mini dan masih banyak lomba lainnya, serta menampilkan performance dari siswa-siswi Nation Star Academy yakni :

Wushu, Tarian Tradisional, Fashion Show, Ballet, Poem, Gerak Lagu, Modern Dance, Choir, Karate, Menyanyi Solo Mandarin, Balet, Gucheng (permainan Kecapi), Kulintang, Modeling, Band dan juga pertunjukan Barongsai yang menarik dan penuh warna serta acara bazar yang bisa dinikmati bersama-sama dalam perayaan Imlek tahun ini.

“Perayaan Imlek ini memberikan kesempatan untuk memperkaya kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekolah. Ini juga menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan siswa pada nilai-nilai toleransi, kerjasama dan penghargaan terhadap keberagaman,” urai Ketua Panitia perayaan Imlek NSA, Sugianto Ongkowijaya.

Siswa NSA Juga Berbagi Kebahagiaan dengan para Karyawan dari Semua Bagian

Masih dalam bulan Imlek, sekolah Nation Star Academy dengan gembira memeriahkan perayaan Imlek tahun ini dengan menampilkan performance dari siswa dan siswi mulai dari PG, TK, SD, SMP dan SMA NSA serta merangkul para orangtua untuk berpartisipasi mengadakan bazaar agar pelaksanaan perayaan imlek tahun ini tambah semakin meriah.

“Acara ini bertujuan untuk merayakan dan menghargai kekayaan budaya Tionghoa yang ada di antara siswa, orangtua, guru dan staf. Sekolah Nation Star Academy adalah sekolah multi cultural, dengan latar belakang keluarga besar dari berbagai agama dan etnis yang bersekolah di dalamnya,” tutup Sugianto.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!