- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) Pegadaian Kanwil XII Surabaya, ikut serta dalam kegiatan aksi Bersih Pesisir di Pantai Pancer Door Pacitan. Kegiatan ini digelar Pemprov Jatim & Pemkab Pacitan, dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Selasa (11/6).

Kegiatan aksi bersih-bersih sampah pantai ini, diikuti ribuan massa dari berbagai elemen masyarakat. Mulai dari unsur pemerintah, swasta, pelajar, serta komunitas peduli lingkungan.

Acara dibuka langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, di Pantai Pancer Door, Melalui aksi ini, Mas Aji mengajak seluruh masyarakat Pacitan untuk peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Persoalan sampah merupakan urusan bersamax mulai hulu hingga hilir. Mengelola sampah sebisa mungkin dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga. Jika semua sudah peduli, sadar, Insya Allah semakin ke hilir semakin mudah penanganan,” terang Bupati.

ads

Aksi bersih pesisir yang dilaksanakan di Pacitan ini, merupakan bagian dari peringatan hari lingkungan hidup sedunia, yang digelar serentak. Selain itu juga sebagai upaya keterlibatan Indonesia menyongsong Net Zero Emission 2050 sesuai konvensi Paris.

“Ini adalah kegiatan kolaborasi antara pemprov, pemda, badan usaha, dan elemen masyarakat,” tegas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jatim Jempin Marbun.

Sementara itu, Eko supriyanto selaku Deputy Bisnis Pegadaian Area Madiun mengatakan, bahwa aksi bersih pesisir di Pantai Pancerdoor ini merupakan komitmen Pegadaian, dalam menjaga kelestarian alam.

“Hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) pada pilar ke 14, yaitu menjaga ekosistem laut. Semoga upaya ini dapat meningkatkan kelestarian laut kita,” tandasnya

Gerakan bersih pesisir dilaksanakan dengan melakukan pungut sampah di sepanjang pantai Pancer Door. Sampah dipilah sesuai jenisnya. Untuk sampah organik langsung ditimbun dan untuk unorganik dikumpulkan untuk dibawa ke TPS.

Uniknya kelompok peserta yang berhasil mengumpulkan sampah unorganik terbanyak panitia memberikan hadiah dan doorprize.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!