- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Dalam rangka menyebarkan perdamaian dan persatuan, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, membuka perlombaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) TNI Angkatan Laut Tahun 2023, bertempat di Gedung Graha Samudera Bumimoro (GSB) Surabaya, Rabu (28/11/2023).

Pesparawi yang memperebutkan Piala Kasal tersebut mengangkat tema, “Kepadanya Aku Telah Berseru Dengan Mulutku, Kini Dengan Lidahku Aku Menyanyikan Pujian.” Adapun dewan juri kali ini terdiri dari Dr. Jusuf Tjahjo Budi Utomo yang merupakan Pendiri Prodi Musik Gereja STT Abdiel Ungaran Semarang, kemudian Bambang Yuswo Hadi yang merupakan Pengajar Padua Suara dan Penulis Lagu-Lagu Rohani, serta Ibu Hwang Hwasook yang pernah menjadi juri dan seminar vocal ke-4 World Virtual Choir Festival (WVCF).

Lomba Pesparawi tahun ini diikuti oleh 18 tim paduan suara yang berasal dari Kotama-Kotama TNI AL seperti Mabesal, Koarmada RI, Kodiklatal, Pushidrosal, Koarmada I, Koarmada II, Koarmada III, Puspenerbal, Kolinlamil, Seskoal, Akademi Angkatan Laut (AAL), Pasmar-1, Pasmar-2, Lantamal III Jakarta, Lantamal V Surabaya, Lantamal VI Makassar, Lantamal X Jayapura dan RSPAL dr. Ramelan Surabaya.

ads

Dalam amanat Kasal yang dibacakan Dankodiklatal mengatakan bahwa, Pesparawi merupakan salah satu bentuk pembinaan mental kerohanian Umat Kristen dan Katolik, yang diimplementasikan melalui media seni budaya dan tarik suara, melalui lantunan lagu-lagu rohani yang sarat akan nilai-nilai keagamaan. Lebih dari itu, Pesparawi juga menjadi ajang pembinaan dan peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus bentuk ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan rahmat dan kasih-Nya.

“Diharapkan penyelenggaraan Pesparawi kali ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan prajurit TNI Angkatan Laut yang religius dan humanis sekaligus mewujudkan pribadi prajurit yang memiliki integritas dan mampu menyebarkan perdamaian, persaudaraan dan persatuan”, ungkap Kasal memberikan semangat kepada peserta lomba Pesparawi.

Kasal juga mengajak para peserta lomba agar melaksanakan kegiatan dengan penuh sukacita dan ungkapkan rasa syukur melalui lantunan pujian. “Partisipasi dan setiap lantunan lagu yang dinyanyikan bukan hanya sekedar menjadi upaya untuk meraih prestasi, namun dalam konteks yang lebih luas akan menjadi seruan kebaikan yang akan menyebarkan energi positif bagi TNI Angkatan Laut,” tutup Kasal.

Dari hasil penilaian Dewan Juri, berhasil menjadi pemenang Pesparawi Tahun 2023 yaitu Juara I Koarmada III dengan nilai 86, Juara II Mabesal dengan nilai 83 dan Juara III Lantamal X Jayapura dengan nilai 82.

Hadir dalam acara tersebut, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono, Kapokgdik Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Sarjito, para Direktur dan para Dankodik di lingkungan Kodiklatal, Dankodikmar Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Samson Sitohang selaku Ketua Panitia, Kadisbintalal Brigjen TNI Marinir Sandy Muchjidin Latief, Ir Kodiklatal Kolonel Marinir Ahmad Fajar, serta undangan lainnya.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!