- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – “Generasi Milenial atau Gen Z merupakan kelompok yang akrab dengan dunia digital. Meski demikian, mereka memerlukan arahan dan intervensi orang tua agar dapat menggunakan media digital tetap dalam koridor yang baik.” Hal tersebut menjadi pembahasan menarik dalam Kauseri Agama yang disampaikan oleh Wakil Komandan Kodiklatal, Laksamana Muda TNI Eko Wahjono, yang mengangkat tema “Kesiapan Kita Sebagai Orang Tua Dalam Rangka Menyiapkan Generasi Muda Anak-Anak Dalam Menghadapi Tantangan, Ancaman, dan Hambatan Kehidupan”, bertempat di Masjid Ibadurrahman Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Rabu (06/12/2023).

Menurutnya, peran orang tua (khususnya seorang Ibu) juga sangat penting dalam mendidik seorang anak, apalagi di era digitalisasi yang harus diimbangi dengan pola pendidikan akhlakul karimah dan agama yang baik. Sehingga anak sebagai generasi muda tidak akan salah pergaulan.

“Anak Gen z dilahirkan 97 keatas sedangkan Gen alpa 2013 sampai sekarang. Kedua anak ini kehidupannya sudah sangat menyentuh teknologi, sehingga orang tua baik ibu dan bapak harus menjalankan komunikasi sesuai dengan jamannya ini, makanya jangan sampai anak kita durhaka tanpa sengaja,” ungkap Laksda TNI Eko Wahjono.

Selain itu orang tua harus terbuka kepada anak, misalkan kemampuan ekonomi terbatas maka anak harus mengerti keadaan orang tuanya. Jadi sebagai orang tua kita juga bisa merasakan bagaimana sikap dan watak anak terhadap kita, apakah mereka anak yang hanya senang dengan teknologi, dan menjadi anak yang sensitif hingga tidak patuh kepada orang tua. Kita boleh pintar dan berpendidikan tapi jangan lupa bahwa agama akan membentuk diri seorang anak menjadi berakhlak terutama kepada orang tua.

ads

Selain itu di dalam pola pendidikan di Kodiklatal sebagai Bingsis dan Pelatih saya berpesan agar mampu mendidik Siswa yang rata-rata gen milenial dengan cara beradaptasi sesuai dengan jamannya, tidak perlu dengan cara kekerasan tetapi diajak berkomunikasi dengan baik, sehingga mereka akan paham tanggung jawabnya sebagai bekal menjadi prajurit TNI AL yang profesional.

Kegiatan rutin kauseri agama yang diselenggarakan oleh Kodiklatal setiap hari Rabu selesai apel pagi ini, tentunya sangat bermanfaat bagi seluruh jajaran personel Kodiklatal dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta menambah wawasan ilmu agama yang disampaikan untuk kehidupan sehari-hari.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!