- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) –  Dalam dua tahun terakhir ini kunjungan kapal pesiar mulai kembali rutin kunjungi berbagai pelabuhan di Indonesia. Salah satunya adalah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Berdasarkan daftar kedatangan kapal pesiar Pelabuhan Tanjung Perak tercatat sudah sebanyak 5 kapal pesiar yang sandar pada tahun 2022 dan sebanyak 6 kapal pesiar yang sandar hingga Nopember 2023 di Pelabuhan Tanjung Perak. 

General Manager Kalimas dan GSN Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa, Dhany Rachmad Agustian mengatakan kenaikan jumlah kedatangan kapal pesiar pada tahun 2023 sangat signifikan dibandingkan tahun 2022 mengingat juga pada tahun sebelumnya pemerintah masih belum memperbolehkan kapal pesiar sandar di Indonesia karena adanya virus covid -19. 

“Tercatat sejak tahun 2022 jumlah kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak naik secara pesat apalagi tahun 2023 sudah sebanyak 6 kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak hingga bulan November ini”, ungkap Dhany. 

Dhany juga menambahkan bahwa 5 kapal pesiar lainnya juga akan sandar pada akhir November  hingga Desember ini sebagai penutup tahun 2023 sehingga total kunjungan kapal pesiar di Pelabuhan Tanjung Perak pada tahun 2023 mencapai 11 kapal.

ads

Kondisi tersebut tentunya berdampak positif bagi meningkatnya pendapatan Pelindo Sub Regional Jawa. Omzet Pelindo Sub Regional Jawa naik sebesar 50% sejak kedatangan kunjungan kapal pesiar selama 2 tahun belakangan ini. Bukan hanya itu dampak ekonomi yang dirasakan pelaku UMKM serta masyarakat kampung binaan Pelindo Sub Regional Jawa juga ikut meningkat. Dikarenakan pelaku UMKM merupakan salah satu fasilitas yang disediakan Pelindo Sub Regional Jawa untuk menyambut kedatangan Kapal Pesiar. Dengan kunjungan wisata asing secara otomatis mendorong peningkatan penjualan produk pelaku UMKM.

Dhany juga menambahkan bahwa pada tahun 2024 sebanyak 15 kapal pesiar yang sudah memesan slot antrian untuk sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Itu berarti kunjungan kapal pesiar di Pelabuhan Tanjung Perak naik hingga 3 kali lipat dibanding tahun 2022. Dhany berharap Pelindo Sub Regional Jawa dapat lebih meningkatkan pelayanan dalam mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk penyambutan kedatangan kapal pesiar berikutnya.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!