- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Perdana, 2 (dua) kapal pesiar sandar secara bergantian pada kurun waktu 2 (dua) hari secara berturut-turut di Pelabuhan Tanjung Perak pada bulan Nopember 2023 ini.

Kedua kapal persiar tersebut yaitu kapal pesiar MS Westerdam pada (29/11) disusul kapal pesiar MS Regatta pada (30/11). MS Westerdam berbendera Belanda membawa 1.856 penumpang dan 793 awak kapal sedangkan MS.Regatta berbendera Marshall Islands membawa 592 penumpang dan 387 awak kapal dari berbagai penjuru dunia. 

Kapal Pesiar MS Regatta dengan GT (Gross Tonnage) 30.277 MT dan LOA (Length Over All) 180.45 MTR lebar 26 M ini tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada (30/11) pukul 08.00 WIB. Para wisatawan yang turun dari kapal langsung disambut oleh berbagai macam hiburan khas Jawa Tiur salah satunya Tarian Reog Ponorogo. Tak hanya itu, Pelindo Sub Regional 3 Jawa juga menyediakan berbagai macam gerai UMKM yang menyediakan berbagai souvenir, batik, serta makanan dan minuman khas Jawa Timur, dan tersedia money changer untuk mempermudah turis menukar uang.

Kapal yang dinakhodai oleh Capt.Antun Loncarica ini sebelumnya sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebelum menuju ke Tanjung Perak Surabaya dan akan lepas sandar pada (29/11) pukul 17.00 WIB untuk melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Benoa Bali.

ads

General Manager Kalimas dan GSN Pelindo Sub Regional 3 Jawa, Dhany Rachmad Agustian menyampaikan bahwa ini merupakan pertama kalinya Tanjung Perak disinggahi 2 (dua) kapal pesiar selama 2 (dua) hari berturut-turut.

“Intensitas kedatangan kapal pesiar tahun 2023 ini cukup tinggi, pada Triwulan IV saja jumlah kapal pesiar yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak mencapai 7 (tujuh) kapal. Jika ditotal secara keseluruhan dari Januari hingga Nopember 2023 jumlah kapal pesiar yang telah bersandar mencapai 8 (delapan) kapal, jumlah ini masih akan bertambah hingga akhir Desember 2023 yang nantinya akan mencapai 12 (dua belas) kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak”, imbuh Dhany.

“Sedangkan pada tahun 2022 jumlah kapal yang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak hanya mencapai 5 kapal pesiar saja. Hal ini tentunya menjadi bukti pencapaian yang memuaskan karena selama periode 2023 kenaikannya mencapai hampir 300% dibanding tahun 2022”, tambahnya.

Rencananya wisatawan mancanegara tersebut akan mengelilingi objek wisata yang ada di Surabaya seperti Kampung Lawas Maspati, Tugu Pahlawan, Gereja Kepanjen, Sanggar Agung di Kenpark, hingga Pasar Pabean dan Pasar Genteng. Namun ada juga yang menyukai paket wisata bernuansa heritage seperti Tunjungan, Hotel Majapahit, Joko Dolog, dan Balai Kota. 

Para wisatawan dapat menggunakan jasa Biro Travel dengan berbagai paket wisata. Pelindo Sub Regional 3 Jawa juga menyediakan beberapa unit bus dan unit mobil untuk digunakan oleh pihak jasa tour dan travel untuk mengangkut para wisatawan mengunjungi berbagai objek wisata di Surabaya. Dan disediakan juga berbagai pilihan kendaraan lainnya seperti taxi online yang bekerjasama dengan perusahaan Grab untuk membawa wisatawan berkeliling dengan berbagai tujuan.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!