Aktualisasikan Progam, Upzisnu Langenharjo dan Upzisnu Kecamatan Kendal Kota Gelar Khitan Gratis

0
520
- iklan atas berita -

 

Metro Times Kendal – Sebuah take action dari program yang sudah disepakati dalam rapat pengurus Ranting Lazisnu se-Kecamatan Kendal di Kantor Sekretariat Lazisnu Kecamatan Kota Kendal 1 bulan yang lalu, khitan gratis akhirnya diwujudkan.

Pelaksanaan khitan dengan tema “Khitan Nyenengke” merupakan sebuah keputusan dari hasil kerjasama Unit Pengumpul Zakat Infaq dan Sodakoh Nahdlatul Ulama (Upzisnu) Kelurahan Langenharjo dan Upzisnu Kecamatan Kendal Kota.

Khitan gratis digelar di Kantor BKM Langen Mandiri Langenharjo, dan diikuti dua anak dari warga setempat, yakni Rafa Oktafian dan Agung Firmansyah.

Untuk menjaga tradisi amaliyah warga Nahdiyin, sebelum prosesi khitan dilaksanakan terlebih dahulu pembacaan Tahlil oleh Kyai Sumar (Anggota PRNU Langenharjo), dilanjutkan dengan doa oleh Kyai Arif Suaidi dan KH M. Anas (tokoh masyarakat).

ads

Ketua Lazisnu Kecamatan Kendal Kota Bayu Nugroho mengatakan, sebelum digelar khitan gratis, acara juga dimeriahkan dengan arak-arakan dan pembacaan Sholawat Thola’al dari Mushola AL- Hikmah menuju ke tempat kegiatan khitan dengan jumlah peserta terbatas demi mematuhi protokol kesehatan.

Dirinya juga menyampaikan bahwa yang menghadiri kegiatan tersebut tak lebih dari 20 orang yang terdiri dari pengurus, petugas medis, tokoh masyarakat dan anggota keluarga.

“Jumlah yang hadir memang kami batasi dan konsep kegiatan memang sederhana, hal itu demi mematuhi penerapan pembatasan kegiatan masyarakat,” ungkapnya.

Namun demikian, menurut Bayu kegiatan tersebut tidak mengurangi khidmat dan esensi dari prosesi pelaksanakan khitan.

Dia juga mengatakan, dalam pelaksanaan khitan ditangani seorang tenaga medis, yakni dr Hafni yang juga bagian dari tenaga medis Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kendal terlebih dahulu memberikan sosialisasi kepada Keluarga yang akan menjalani khitan.

“Kami memang sudah rutin menjalankan program sosial kesehatan ini dengan Lazisnu untuk mengabdikan diri kepada masyarakat yang membutuhkan. Bahkan, kami sudah menggerakkan beberapa relawan tenaga medis untuk senantiasa bekerjasama dengan Lazisnu sebagai bentuk khidmat kami kepada NU.” kata dokter asal Kangkung.

Kembali bergairahnya kegiatan ke-NU-an di Langenharjo diapresiasi Ketua PR NU Langenharjo Kyai Mashuri.

“Saya berterima kasih sekali kepada Lazisnu Kecamatan Kendal Kota dan Lazisnu Langenharjo yang kembali menggairahkan kegiatan ke-NU-an di Kelurahan Langenharjo yang sempat mati suri,” ucapnya.

Dia berharap dengan kegiatan ini bisa menjadi pengobar semangat bagi banom-banom di bawah PRNU Langenharjo agar segera bangun dari tidurnya.

Sementara, Sugiyono selaku Koordinator Pentasyarufan Lazisnu Kec. Kota Kendal mengaku bahwa kegiatan program kesehatan ini merupakan hasil dari pengumpulan sedekah Kaleng Lazisnu dan sumbangan beberapa donator.

“Dengan dilaksanakan salah satu dari 4 pilar program Lazisnu ini sekaligus sebagai ta’aruf ke masyarakat Langenharjo yang telah menjadi Munfiq Kaleng Lazisnu sejak Maret 2020 lalu,” bebernya.

Berharap kegiatan yang dilakukan dapat memberi manfaat yang lebih besar bagi masyarakat, Umar Kholil salah seorang perwakilan dari MWC NU Kecamatan Kendal Kota memberikan sebuah evaluasi dari kegiatan khitan gratis.

“Ke depan, setidaknya kegiatan seperti ini bisa dipersiapkan minimal 6 bulan sebelumnya, karena kegiatan seperti ini juga sebagai syiar identitas NU,” kata Umar.

Dipenghujung acara, Nur Fadhul Ma’arif Ketua Lazisnu Langenharjo, Kendal mengutarakan bahwa Khitan Gratis ini dilaksanakan sesuai dengan musim dan tradisi umat Islam di Indonesia saat bulan Dzulhijjah diantaranya mengadakan hajatan Khitan.

Menurutnya, kegiatan sosial kesehatan ini dapat berjalan lancar dan sukses tidak bisa lepas dari restu Ulama-Ulama dan Kyai-Kyai sesepuh NU dan peran aktif masyarakat. “Mudah-mudahan melalui tradisi amaliyah NU yang baik ini kita senantiasa istiqomah dalam Membenarkan yang sudah biasa dan Membiasakan yang benar,” pungkasnya.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!